Sony Playstation 5 Pro Menggunakan SoC Kustom AMD Bernama Viola

Sony Playstation 5 Pro Menggunakan SoC Kustom AMD Bernama Viola
Sony Playstation 5 Pro Menggunakan SoC Kustom AMD Bernama Viola
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Sony baru saja memperkenalkan PlayStation 5 Pro, versi terbaru dari konsol mereka dengan performa yang lebih tinggi. Peningkatan ini didukung oleh SoC kustom dari AMD bernama “Viola,” yang menawarkan sejumlah pembaruan, termasuk GPU berbasis RDNA 4 dengan 60 compute units serta NPU XDNA 2 untuk fitur AI upscaling.

Jumlah 60 Compute Units pada GPU AMD “Viola” ini menunjukkan peningkatan sebesar 67% dibandingkan generasi sebelumnya. GPU AMD “Oberon” di PlayStation 5 standar menggunakan RDNA 2 dengan 36 Compute Units.

Selain itu, kecepatan memori GDDR6 juga ditingkatkan menjadi 18 Gbps, memberikan total bandwidth sebesar 576 GB/s.

Baca Juga:Tecno Spark 30C: Smartphone Budget dengan Layar 120Hz yang MulusGoogle Pixel 9 Pro XL: Flagship Android dengan Performa Gahar

Sony menyatakan bahwa berbagai peningkatan pada GPU ini menghasilkan performa rendering 45% lebih cepat dibandingkan PlayStation 5 standar.

Teknologi ray-tracing juga ditingkatkan 2-3 kali lebih baik, ditambah dengan fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) untuk upscaling berbasis AI yang didukung oleh NPU XDNA 2, fitur yang tidak ada pada PS5 standar.

Meski ukuran die GPU diklaim lebih besar, Sony belum mengungkapkan detail pastinya atau clockspeed dari GPU tersebut.

CPU tetap menggunakan arsitektur Zen2 dengan 8-core, namun clockspeed meningkat hingga 3,8 GHz, naik dari 3,5 GHz sebelumnya.

SoC kustom AMD “Viola” untuk PS5 Pro juga sudah menggunakan teknologi proses TSMC 4nm.

(dbm)

0 Komentar