Panwascam Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

Desa Mekarwangi
Jajaran Panwascam Pagaden Barat saat melaksanakan sosialisasi pengawasan partisipatif Pilkada Serentak tahun 2024, di aula Desa Mekarwangi, Senin (16/9).DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

SUBANG-Tahapan pilkada serentak tahun 2024 ini terus berjalan. Karena itu Panwascam Pagaden Barat melakukan sosialisasi terkait pengawasan partisipatif masyarakat.

Sosialiasasi berlangsung di aual Desa Mekarwangi, Senin (16/9). Dihadiri oleh Kapolsek Pagaden Kompol Dede Suherman, Komisioner Bawaslu Jamal Abdul Rasyid Kumaunang dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panwascam Pagaden Barat Asep Mumu SAg menyampaikan, bahwa keterlibatan masyarakat dalam hal pengawasan partisipatif di pilkada ini, baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar juga pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Subang.

Baca Juga:15 Peserta Lolos Tahapan Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi JabarSekda Herman Suryatman Dorong Perempuan Jabar Berdaya dan Mandiri Melalui Program West Java Women Empowerment

“Kita punya personil baru 12 orang, 3 orang komisioner dan 9 orang PKD (pengawas desa/kelurahan), sedangkan yang harus diawasi kan banyak, baik dari jumlah pemilih ataupun peserta pilkada ini. Makanya sangat perlu kami mengajak masyarakat untuk bersama sama mengawasi tahapan pilkada ini,” kata Asep dalam sambutannya.

Dalam sosialisasi itu, Panwascam mengundang dua nara sumber yaitu Ahmad Koncara mantan komisioner KPU 2019-2024 dan Deni Subroto Korkab JPPR.

Ahmad Koncara menyampaikan bahwasanya pilkada adalah proses demokrasi untuk memilih pemimpin sebuah daerah melalui musyawarah besar, yang melibatkan penyeleggara pilkada (KPU dan Bawaslu), dan unsur yang terkait dengan penyelenggara serta masyarakat sebagai pemilih.

“PIlkada sebagai media untuk memilih kepala daerah, melalui proses voting atau menyalurkan hak suara rakyat,” katanya.

Nara sumber kedua Deni Subroto Korkab JPPR (Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat), menyampaikan secara singkat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Subang yang sudah mendaftar ke KPU Subang.yaitu pasangan ASLiN yaitu Asep Rochman Dimyati dan Lina Marliana, Jimat-Aku yaitu H. Ruhimat dan Aceng Kudus dan Religius yaitu Renaldy dan Agus Masykur.

JPPR adalah lembaga pemantau pemilu yang berdiri independen agar pemilu ini berintegritas.

JPPR telah memantau situasi kondisi jalannya penyelenggara pilkada serentak ini, dari setiap tahapan pilkada, yaitu proses coklit, DPHP, DPSHP hingga di DPT dan seterusnya.

Baca Juga:ANUGERAH KPID 2024, Bey Machmudin: Penyiaran Berkeadilan Harus Dapat Diakses Sampai Pelosok Jawa BaratHerman Suryatman Harap Konsorsium Pendidikan Siapkan Strategi Cetak SDM Unggul

Selanjutnya dia meyampaikan soal pentingnya peran partisipatif masyarakat dalam pengawasan di pilkada ini.

Karena dimungkinkan saja terjadi pelanggaran pada semua tahapan pilkada ini.

Dikatakannya, bahwa data apapun dari penyelenggara pilkada seperti KPU, data itu harus valid dan akurat, karena bisa kena pidana

0 Komentar