Pencipta Bitcoin Terungkap? Dokumenter HBO Ungkap Petunjuk Baru

Pencipta Bitcoin Terungkap? Dokumenter HBO Ungkap Petunjuk Baru
Pencipta Bitcoin Terungkap? Dokumenter HBO Ungkap Petunjuk Baru
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Misteri tentang siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, terus bikin heboh jagat kripto. Banyak teori, spekulasi, dan klaim bermunculan, tapi tak satu pun yang mampu menjawab tuntas teka-teki ini. Identitas asli Nakamoto jadi semacam Holy Grail di dunia mata uang digital yang makin berkembang.

Baru-baru ini, muncul kabar bahwa sebuah dokumenter dari HBO yang akan tayang pada 8 Oktober 2024 bisa jadi akan mengungkap identitas asli Nakamoto. Dokumenter ini berjudul “Money Electric: The Bitcoin Mystery” dan disutradarai oleh Cullen Hoback. Buat yang familiar, Hoback ini sebelumnya sukses bikin geger dengan filmnya, “Q: Into the Storm,” di mana dia berhasil membongkar teori konspirasi QAnon yang penuh misteri.

Film Dokumenter HBO: Menelusuri Jejak Nakamoto

Dalam teaser yang Hoback lempar lewat media sosial, dia ngasih sedikit bocoran bahwa dokumenter ini bakal menjadi perjalanan penuh ketegangan. “Banyak yang bertanya-tanya kenapa aku menghilang. Jawabannya, aku lagi melacak seseorang yang juga hilang. Penasaran siapa di balik Bitcoin? Film Money Electric: The Bitcoin Mystery akan tayang minggu depan. Siap-siap buat perjalanan yang mendebarkan,” tulis Hoback di akun X-nya.

Baca Juga:Pemuda Pancasila Subang Siap All Out Menangkan Jimat-Aku di Pilkada Subang 2024!Blusukan Calon Bupati Pasangan Jimat-Aku: Partai Buruh Dorong Lapangan Pekerjaan dan Pertanian

Walau Hoback nggak secara gamblang bilang bahwa dia berhasil menemukan Nakamoto, banyak yang berharap dokumenter ini bakal memberikan petunjuk kuat. Meski demikian, belum ada jaminan bahwa identitas Nakamoto bakal diungkap secara jelas. Sejak Desember 2010, Satoshi Nakamoto “hilang” dari forum-forum internet, dan sejak saat itu, spekulasi soal siapa sebenarnya dia semakin liar. Ada yang bilang Nakamoto adalah individu, ada yang percaya dia adalah sekelompok orang, bahkan ada teori yang mengatakan dia adalah agen dari pemerintah sebuah negara.

Banyak yang penasaran, termasuk pihak otoritas seperti FBI, namun mereka tetap menolak mengonfirmasi apakah mereka punya informasi tentang identitas Nakamoto.

Craig Wright: Nama Kontroversial dalam Debat Satoshi

Di tengah segala teori yang beredar, ada satu sosok yang sering dikaitkan dengan Satoshi Nakamoto: Craig Steven Wright, ilmuwan komputer asal Australia. Pada Mei 2016, Craig dengan berani mengklaim dirinya sebagai Satoshi Nakamoto dalam wawancara dengan BBC. Dia bahkan berusaha membuktikan klaimnya dengan menggunakan private key yang terkait dengan transaksi Bitcoin pertama.

0 Komentar