Ini Daftar Obat Herbal Berbahaya yang Dilarang BPOM, Sudah Tahu?

Ini Daftar Obat Herbal Berbahaya yang Dilarang BPOM, Sudah Tahu?
Ini Daftar Obat Herbal Berbahaya yang Dilarang BPOM, Sudah Tahu?
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Kamu tahu nggak sih, belakangan ini Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Taruna Ikrar, baru aja mengungkap fakta mengejutkan soal produk herbal yang beredar di pasaran. Gak tanggung-tanggung, ada 10 produk herbal yang ternyata berisiko banget buat kesehatan, bahkan bisa bikin jantung rusak sampai gagal ginjal! Produk-produk ini ketahuan pas BPOM lagi melakukan penindakan di Jawa Barat, tepatnya di daerah Bandung sampai Depok. Ngeri gak, sih?

Jadi, produk-produk herbal ini ternyata mengandung bahan kimia obat (BKO) yang seharusnya cuma boleh dipakai di bawah pengawasan dokter. Bahan kimia yang dimaksud di antaranya sildenafil, fenilbutazon, metampiron, piroksikam, parasetamol, dan deksametason. Nah, masalahnya, kalau konsumsi dalam dosis yang tinggi, bisa fatal banget. Bahkan bisa berujung kematian, lho!

Taruna juga menjelaskan, produk herbal berbahaya yang banyak beredar ini sering kali dikaitkan dengan obat penambah stamina pria dan obat pereda asam urat. Produk-produk ini dijual bebas dan banyak dipakai masyarakat tanpa tahu risiko yang mengintai. So, bukannya bikin sehat, malah bisa jadi bahaya buat kesehatan jangka panjang.

Baca Juga:72% Masyarakat Subang Beri Dukungan untuk Kang Jimat di Pilkada Subang 2024! Fakta Kebenaran di Balik Rekaman Suara Arhan dan Rachel Vennya! Bukti Perselingkuhan atau Salah Paham?

Ada beberapa produk yang BPOM udah kasih warning keras, nih. Buat yang suka konsumsi herbal, mending dicek deh daftar produk yang udah dilarang ini:

  1. Cobra X
  2. Spider
  3. Africa Black Ant
  4. Cobra India
  5. Tawon Liar
  6. Wan Tong
  7. Kapsul Asam Urat TCU
  8. Antanan
  9. Tongkat Arab
  10. Xian Ling

Bayangin aja, obat berbahan alam yang katanya bisa bikin stamina pria naik kayak Cobra X atau Spider, ternyata malah bisa menyebabkan henti jantung kalau dipakai sembarangan. Taruna bilang, konsumsi obat herbal yang mengandung sildenafil, misalnya, bisa memicu henti jantung kalau dikonsumsi berlebihan. Keren stamina, tapi kalau ujungnya gagal jantung, buat apa?

Selain itu, masalahnya gak berhenti di jantung aja. Obat-obat yang mengandung BKO ini juga bisa bikin organ penting lain rusak, kayak ginjal dan hati. Taruna Ikrar sendiri udah memperingatkan berkali-kali soal bahaya konsumsi obat tanpa izin edar atau yang mengandung BKO. Bahkan, dalam banyak kasus, konsumsi berlebihan bisa bikin kerusakan organ parah, gagal ginjal, dan akhirnya, kematian.

0 Komentar