Heboh Emas Palsu, Simak Cara Mengenali Emas Antam Asli agar Tidak Tertipu!

Heboh Emas Palsu, Simak Cara Mengenali Emas Antam Asli agar Tidak Tertipu!
Heboh Emas Palsu, Simak Cara Mengenali Emas Antam Asli agar Tidak Tertipu!
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Belakangan ini, publik dikejutkan oleh terungkapnya kasus peredaran 109 ton emas Antam palsu yang berlangsung sejak 2010 hingga 2021. Kasus ini tengah diselidiki oleh Kejaksaan Agung, menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat yang khawatir akan keaslian emas yang mereka miliki. Namun, di tengah kekhawatiran tersebut, PT Antam Tbk, melalui Sekretaris Perusahaannya, Syarif Faisal Alkadrie, menegaskan bahwa seluruh produk emas merek Logam Mulia Antam yang beredar di pasaran dipastikan asli dan terjamin kadar kemurniannya.

Syarif memastikan, produk emas Logam Mulia Antam diproses di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi dari London Bullion Market Association (LBMA). Sertifikasi ini adalah jaminan bahwa emas tersebut memenuhi standar kualitas internasional.

“Sehingga dapat dipastikan seluruh produk emas merek Logam Mulia Antam yang beredar di masyarakat adalah asli dan terjamin kadar kemurniannya,” ujar Syarif mengutip PasundanEkspres.id (18/10).

Tips Membedakan Emas Antam Asli dan Palsu

Baca Juga:Kang Jimat Dapat Dukungan Berharga dari Komunitas Motor Antik Honda CB SubangKecelakaan Ahmad Yani Subang Picu Reaksi Keras, Warga Subang Tuntut Keselamatan di Jalan!

Di tengah meningkatnya kekhawatiran masyarakat, langkah penting yang bisa diambil adalah lebih waspada saat membeli emas. Untuk membantu konsumen membedakan emas Antam asli dari yang palsu, berikut beberapa panduan yang bisa diterapkan:

1.Periksa Cap dan Sertifikat

Emas Antam yang asli memiliki cap yang mencantumkan informasi terkait kadar kemurniannya atau fineness, serta berat emas tersebut. Pada produk emas Antam asli, logo PT Antam Tbk dan kadar emas 999.9% akan tercantum jelas. Selain itu, emas ini selalu disertai dengan sertifikat resmi yang menjamin keasliannya. Pastikan sertifikat ini ada saat melakukan pembelian emas.

2. Perhatikan Kondisi Kemasan

Emas Antam asli selalu dijual dengan kemasan yang utuh dan tidak rusak. Emas keluaran terbaru menggunakan kemasan CertiCard yang dilengkapi dengan QR Code. QR Code ini berfungsi untuk verifikasi keaslian emas dengan mudah melalui pemindaian.

3. Teknologi UV untuk Produk Klasik atau Retro

Bagi yang memiliki atau membeli emas Antam model klasik atau retro, keaslian dapat diperiksa dengan memanfaatkan sinar ultraviolet (UV). Sertifikat emas asli akan menampilkan hologram khusus ketika disinari oleh UV. Hal ini memberikan lapisan keamanan tambahan yang memastikan emas yang Anda beli memang asli.

0 Komentar