Resmi Meluncur! HarmonyOS Next Siap Gantikan Android di Perangkat Huawei

Resmi Meluncur! HarmonyOS Next Siap Gantikan Android di Perangkat Huawei
Resmi Meluncur! HarmonyOS Next Siap Gantikan Android di Perangkat Huawei
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Huawei baru-baru ini bikin gebrakan besar dengan meluncurkan sistem operasi mandiri pertama mereka, HarmonyOS Next. Ini adalah langkah besar karena akhirnya mereka benar-benar lepas dari bayang-bayang Android, yang selama ini jadi fondasi banyak perangkat mereka. Dengan peluncuran ini, Huawei menunjukkan kalau mereka siap berdiri sendiri tanpa ketergantungan pada Google, yang tentunya bukan langkah kecil bagi raksasa teknologi asal Tiongkok ini.

HarmonyOS Next hadir sebagai fondasi baru untuk berbagai perangkat Huawei, terutama di China. Sayangnya, untuk versi global, pengguna di luar China masih harus menunggu info lebih lanjut dari Huawei. Sistem operasi anyar ini rencananya akan tersedia di berbagai perangkat mulai dari smartphone, wearable, hingga perangkat rumah pintar, jadi nggak cuma buat HP saja.

HarmonyOS Next dikembangkan dari OpenHarmony, platform sumber terbuka buatan Huawei yang membentuk ekosistem mereka sendiri. Dan pastinya, sistem operasi ini didukung sama Huawei Mobile Services (HMS), yang perlahan menggantikan ekosistem aplikasi dari Google di perangkat Huawei.

Baca Juga:Harapan Baru untuk Subang! Ini Dia Rangkuman Debat Calon Bupati 2024Debat Pilkada Subang 2024, Visi Renaldy Putra dan Agus Masykur yang Berfokus pada Pembaruan

Chief dari Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, menyatakan bahwa sekarang HarmonyOS Next sudah didukung lebih dari 15.000 aplikasi dan layanan di dalam ekosistemnya. Ini menunjukkan bahwa ekosistem ini sudah mulai lengkap dan siap jadi pilihan utama buat para pengguna perangkat Huawei. Sebelumnya, versi HarmonyOS yang masih berbasis Android udah terpasang di lebih dari 1 miliar perangkat di seluruh dunia. Tapi, dengan HarmonyOS Next, Huawei ingin bawa pengalaman pengguna yang lebih orisinal dan independen.

Yang menarik, tampilan antarmuka HarmonyOS Next juga dikemas lebih segar dan menawarkan personalisasi lebih bebas. Pengguna bisa mengatur tampilan dengan lebih variatif, membuatnya semakin menarik dan terasa lebih personal. Selain itu, Huawei menambahkan fitur AI yang diperkuat dengan model besar seperti Pangu, untuk mendukung berbagai kebutuhan pengguna yang semakin pintar.

Salah satu keunggulan HarmonyOS Next adalah penghemat daya yang diklaim bisa sampai 20%, cocok buat pengguna yang sering khawatir baterai cepat habis. Selain itu, kecepatan transfer file antar perangkat juga lumayan ngebut, file sebesar 1,2GB bisa terkirim dalam waktu sekitar 8 detik saja! Untuk urusan keamanan, Huawei mengusung arsitektur bernama ‘Star Shield’ yang menawarkan keamanan lebih baik.

0 Komentar