oleh

Pemdes Sagalaherang Kaler Mulai Fokus Tingkatkan SDM

SAGALAHERANG-Pemdes Sagalaherang Kaler mengungkapkan bahwa peralihan peruntukan DD (Dana Desa) yang semula untuk kepentingan infrastruktur, sedikit demi sedikit sudah mulai dialihkan ke pemberdayaan masyarakat sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia. Hal teraebut diungkapkan langsung oleh Kepala Desa Sagalaherang Kaler, Lilis Mardiana.

Menurutnya, meski banyak keperluan infrastruktur yang penting untuk diselesaikan pembangunannya, namun tetap tidak berarti melupakan peningkatan sumber daya manusia di Desa Sagalaherang Kaler. “Pelatihan Las Listrik, diikuti oleh beberapa pemuda yang baru lulus SMA, dan di danai dari DD tahap ke 3. Tujuannya jelas sebagai peningkatan kualitas SDM, sedikit-sedikit, nyicil,” jelas Lilis.

Dia berharap, pelatihan tersebut bisa memberi manfaat bagi pemuda-pemuda di Sagalaherang Kaler dan bisa membuka pelauang usaha bagi mereka. Setidaknya keberhasilan dari pelatihan tersebut jangka panjangnya adalah mereka mampu membuka usaha las listrik tersebut, sedangkan untuk jangka pendek, bisa mengoprasionalkan saja sudah cukup. “Mudah-mudahan kedepannya bisa diselenggarakan kegiatan pelatihan lanjutan, bukan hanya bisa bikin pot kembang, akan tetapi membuat kreasi las listrik lainnya seperti pagar, tralis dan lainya, hingga punya usaha sendiri,” tambah Lilis.

Tutor las listrik Iyan mengatakan kegiatan pelatihan las listrik di Desa Sagalaherang Kaler akan dilaksanakan selama 2 minggu. Dengan Pembagian pembelajara teori selama satu minggu dan dilajut dengan praktek las pada minggu berikutnya. “Pelatihan ini merupakan pendidikan dasar las di mulai sudah sejak Jumat 3 Desember Kemarin, masih tahap teori, minggu depan baru menginjak tahap praktek,” ungkap Iyan.

Sebagai tutor Iyan juga berharap agar ada latihan lanjutan, untk meningkatkan kemampuan peserta pada tahapan mahir. Sebab, peserta pelatihan cukup antusias mengikuti kegiatan latihan, malah berharap setiap setahun sekali diadakan latihan lanjutan. “Guna peningkatan ketahapan berikutnya, berharap kegiatan pelatihan las listrik ini bisa ditindak lanjuti dengan program tetap, juga dibuatkan Perdesnya,” pungkas Iyan.(idr/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *