Kades Lembang Ciptakan Kader Pembangunan Berkualitas

0 Komentar

LEMBANG-Guna mendukung program Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, Kepala Desa Lembang Yono Maryono menyatakan akan menciptakan kader berkualitas melalui Kader Pembangunan Desa. Melalui pelatihan khusus Kader Pembangunan desa pada tahun 2020 Pemerintahan desa Lembang siap mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.
“Sebenarnya program ini sudah dicanangkan sejak 2006, namun baru dilaksanakan tahun ini, semata-mata untuk meningkat kan SDM unggul sehingga dapat mendukung Visi Misi Pemdes dan Program Pemkab KBB melalui, mewujudkan Visi Akur,”kata Yono. Senin (6/1).
Menurut Yono, ujung tombak pembangunan adalah ada di tingkat Rt/Rw (wilayah), sehingga dipandang sangat perlu adanya kader di tingkat wilayah yang mampu memahami dan dapat mendorong pembangunan si wilayahnya.
“Rencananya tiap wilayah ada 5 orang yang akan dilatih, bidang pemberdayaan masyarakat/ekonomi, pendidikan lingkungan, sosial dan politik, sehingga mereka menjadi agen pembangunan di wilayahnya,”ujar Yono yang sedang menjabat kepala desa periode ke tiga.
Menurutnya, kader pembangunan desa akan melibatkan kaum muda dan kaum tua, sehingga dengan melibatkannya milenial, diharapkan akan melahirkan regenerasi baru calon-calon pemimpin.
Menurutnya, ketika Pemdes memiliki SDM yang unggul maka, tidak akan kesulitan untuk mendapatkan generasi penerus untuk membangun Desa. “Nanti tentu ada Kriteria, dia adalah warga desa Lembang, pendidikan minmal SMA. Apalagi jika memiliki keilmuan yang sesuai kebutuhan itu lebih bagus,” paparnya.(eko/sep)

0 Komentar