oleh

Pemdes Tanggulun Timur Alokasikan Dana Desa untuk Penanggulangan Bencana

KALIJATI-Pemerintah Desa (Pemdes) Tanggulun Timur akan mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanggulangan bencana. Hal itu sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan terhadap dampak bencana.

Seperti diketahui, Desa Tanggulun Timur sempat diterjang banjir beberapa kali. Walaupun dengan intensitas dan volume air rendah. Selain itu, beberapa kawasan yang rawan longsor.
Kepala Desa Tanggulun Timur, Oman Rohana diwakili Sekdes, Ronny mengatakan bahwa Pemdes berencana untuk mengalokasikan DD sebesar 30 persen di tahun 2020, untuk penanggulangan bencana. “Kita siapkan 30 persen dari DD, khusus untuk penanggulangan bencana. Karena Desa kami memang paling rawan bencana untuk wilayah Kecamatan Kalijati, terutama untuk wilayah di sekitar bantaran sungai,” kata Ronny.

Dia menjelaskan peristiwa yang belum lama ini terjadi di RT 05 RW 02 yang diakibatkan curah hujan tinggi, sehingga beberapa rumah nyaris longsor. Beruntung dengan cepat bisa ditanggulangi oleh tim gabungan Tagana, BPBD, dan TNI/Polri.

Camat Kalijati, Ahmad Hidayat merespon baik inisiatif yang dilakukan Pemdes Tanggulun Timur. Dia berharap agar setiap lapisan masyarakat bisa antisipatif pada potensi bencana di lingkungannya masing-masing. “Persoalan bencana ini persoalan bersama ya, jadi mari tingkatkan kewaspadaan kita. Apalagi seperti sekarang, saat curah hujan tinggi,” pungkasnya.(idr/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *