oleh

Musim Hujan, Bangunan Sekolah Rawan Ambruk

30 Persen Bangunan Rusak

SUBANG-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang, Tatang Komara mengimbau Kepala Sekolah agar berhati-hati dan waspada dimusim hujan. Pasalnya, 30 persen bangunan sekolah dari sekitar 880 SD dalam kondisi rusak ringan dan parah.

Untuk itu, dia meminta agar tidak menggunakan bangunan rusak sementara ini ketika musim hujan. Dikhawatirkan bangunan tersebut ambruk menimpa siswa maupun guru. “Kita khawatir saat kegiatan belajar mengajar, peserta didik terancam keselamatannya oleh bangunan,” kata Tatang kepada Pasundan Ekspres, Kamis (9/1).

Ia pun akan meminta kepada para Koordinator Wilayah Disdikbud agar mewanti-wanti kepala sekolah untuk berhati-hati dengan bangunan sekolah yang rusak. “Korwil agar menyampaikan kepada kepala sekolah dan guru-guru hati-hati terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, agar tidak menggunakan ruangan yang rawan ambruk,” ujarnya.

Kepala Disdikbud yang pernah menjadi guru itu mengatakan, kepala sekolah juga agar mampu melihat situasi cuaca saat ini. Ketika sekolah rawan banjir, kepala sekolah bisa berinisiatif memindahkan pembelajaran baik itu di rumah maupun di tempat aman lainnya. Itu dengan catatan ketika terjadi banjir yang dapat mengancam keselamatan siswa. “Daripada kita mengambil resiko yang mengancam keselamatan peserta didik, mesti ada hal-hal lain untuk keselamatan peserta didik,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, ada sekolah yang terendam banjir. Seperti SMP di Kecamatan Blanakan. “Tetapi sejauh ini belum menganggu kegiatan pembelajaran secara total,” pungkasnya.(ysp/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *