oleh

Desa Rancabango Fokus Infrastruktur dan Pendidikan

SUBANG-Pembangunan di Desa masih terus dikerjakan demi memaksimalkan penyerapan anggaran Dana Desa (DD) tahap 3. Hal itu sebagai upaya untuk memfasilitasi setiap warga desa juga terus dimaksimalkan, seperti pembangunan Posyandu, Paud dan pengecoran jalan yang jadi aspirasi utama masyarakat di desa. Seperti di Desa Rancanbango, Kecamatan Patokbesi, Kabupaten Subang.

Tim Pelaksana Kerja, Rohyan mengatakan pembangunan Posyandu di dua dusun di Desa Rancabango. Selain memfasilitasi masyarakat untuk cek kesehatan Balita secara berkala, juga sebagai upaya Pemdes Rancabango dalam mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, yaitu memberantas stanting.

“Iya alhamdulilah diamanahkan oleh Pemdes untuk membangun dua posyandu, ada di Dusun Babakan dan Mayasuta, keduanya miliki luas sekitar 6 X 9 Meter. Selain itu ada juga bangunan Paud di Dusun Kardu, sudah pasti akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di Desa Rancabango ini,” jelasnya saat ditemui Pasundan Espres disela-sela pekerjaannya, Minggu (12/1).

Dia berharap bangunan yang dibangun dengan DD tersebut selain mampu menfasilitasi keperluan masyarakat. Masyarakat bisa menggunakannya dengan perawatan, agar tetap nyaman dan bersih,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Desa Rancabango, H Rasman Suherman. Harapan yang sama, agar masyarakat senantiasa bisa merawat bangunan tersebut. Selain itu, dia juga menjelaskan tentang pelatihan RT dan RW Se-Desa Rancabango sebagai peningkatan kemampuan, agar regulasi dan tufoksi kerja setiap RW dan RT di tengah masyarakat bisa maksimal.

“Untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat, maka Pemdes Rancanbango juga mengadakan pelatihan bagi RT dan RW. Artinya, saya tidak melulu memikirkan pembangunan infrastruktur, namun juga harus ditunjang dengan pengembangan kemampuan dari setiap perangkat, hingga pada para RT dan RW, tujuannya tentu saja meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat di Desa Rancabango,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa fokus program pembangunan Desa Rancabango yaitu pada infrastruktur dan pendidikan, seperti berbagai pelatihan atau pemberdayaan masyarakat di Desa Rancabango. Sebab dirinya menceritakan bahwa senjata yang paling ampuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya adalah pendidikan.
“Pendidikan tentu saja menjadi penting yah, agar percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat juga dapat dilaksanakan. Selain didukung oleh infrastruktur yang memadai, tentu saja dengan pendidikan juga,” pungkasnya.(idr/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *