Daftar Haji Hanya 2 Jam, Kemenag Luncurkan Program PTSP

0 Komentar

SUBANG-Kantor Kemenag Subang memberlakukan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk pendaftaran haji secara online. Hal itu bisa memangkas waktu proses pendaftaran haji yang tadinya memakan waktu beberapa hari, namun kini hanay memakan waktu 2 jam saja.
Kepala Kemenag Subang Drs, Abdurohim Msi mengatakan setelah dilaunching beberapa hari yang lalu, akan ada puluhan pelayanan yang bisa di akses dengan PTSP, seperti HAJI, SIMKAH, ZAKAT, Pondok pesantren, Madrasah dan yang lainnya. “Saat ini kami sedang memberikan pembekalan terhadap tim efektif PTSP, sehingga pelayanan tersebut bisa di maksimalkan,” katanya.
Dia mengklaim keberadaan program PTSP dapat mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran haji. Sehingga bisa mempermudah masyarakat untuk mdaftar ibadah haji. “Pada PHUT (Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu-red) di PSTP tersebut sangat membantu karena pemberkasan dan pembayaran pendaftaran lewat satu pintu sehingga bisa dengan cepat,” ujarnya.
Sebelumnya, kata dia, masyarakat yang daftar haji harus bolak-balik untuk mengurus pendaftaran nya ke kantor Kemenag Subang, dengan waktu yang mencapai berhari-hari. Namun saat ini hanya membutuhjan waktu 2 jam saja untuk daftar haji tersebut. “Saat ini hanya cukup 2 jam langsung selesai. Dulu kan 2 hari, belum lagi harus bolak-balik sehingga boros uang untuk ongkos, apalagi jika rumahnya nya jauh, boros waktu dan ongkos,” ujarnya.
Kepala Seksi Pontren Kemenag Subang H, Muhamad Sopiadi mengatakan PTSP akan efektif ketika nantinya tim dibekali pembekalan. Sehingga kehadrian PTSP tersebut akan mempermudah, mempercepat dan effesien. “Tim effektif juga harus sigap dalam memberikan pelayanan nya.”Maka tim effektif PTSP harus diberikan pembekalan, karena kehadiran PTSP ini harus benar-benar efektif,” katanya.
Adapun daftar tunggu haji di Kabupaten Subang hingga 15 tahun kedepan. Artinya jika di hitung rata-rata 1 tahun yang berangkat haji ada sekitar 1000 orang, sehingga ada 15 ribu calon haji yang siap diberangkatkan dari tahun ke tahun.” Kita daftar tunggu sampai 15 tahun ke depan untuk haji,” tukasnya.(ygo/sep)

0 Komentar