Festival Manggis Jilid II Bakal Digelar

0 Komentar

PURWAKARTA-Pemkab Purwakarta berencana kembali menggelar Festival Manggis pada Maret 2020 mendatang. Ini menyusul kesuksesan yang diraih pada Festival Manggis sebelumnya yang digelar pada Sabtu (23/3) lalu.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Ir H Agus R Suherlan MM, mengatakan, Festival Manggis jilid dua ini rencananya bakal digelar di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Garokdek, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes.

“Untuk hari dan tanggalnya belum bisa dipastikan, khawatirnya berbenturan dengan acara lain. Yang pasti antara minggu pertama atau kedua di Maret 2019,” kata Agus, saat ditemui di Gedung Negara, Purwakarta, Selasa (28/1) .

Terkait ketersedian buah, Agus menyebut, Pohon Manggis biasanya berbuah setiap Januari hingga Mei. Sehingga diprediksi buah Manggis akan melimpah pada saat diselenggarakannya festival tersebut.

“Mudah-mudahan pada Maret nanti sudah panen raya. Buah Manggis ini merupakan unggulan Jabar,” ujarnya.
Sementara untuk kondisi buah sendiri, lanjut dia, Agus memprediksi kualitas Manggis akan sedikit menurun. Hal itu dipicu akibat musim kemarau panjang yang belum lama terjadi.

“Kemarau panjang memang akan merangsang Pohon Manggis untuk cepat berbuah, hanya disisi lain kualitas buah akan sedikit menurun, antara lain seperti munculnya getah kuning atau burik pada buah mangga itu sendiri,” ucapnya.(add/vry

0 Komentar