Desa Gempol Tingkatkan SDM, Bidik Program Pemberdayaan

0 Komentar

PUSAKANAGARA-Kepala Desa Gempol Mayo Sumaryo SE mulai membidik program pemberdayaan yang mengerah pada peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM). Hal itu ia utarakan ketika Pasundan Ekspres bertandang ke Kantor Desa Gempol Kecamatan Pusakanagara, kemarin.
Menurutnya, tak lain keberadaan Pelabuhan Patimban jadi pemantik utamanya. Meskipun, kegiatan dan program pemberdayaan merupakan hal yang harus dilakukan oleh desa.
“Iya tahun ini, Insyaallah selain program pembangunan, kami akan persiapkan untuk membuat peningkatan kapasitas SDM bagi warga desa Gempol,” jelas Mayo.
Salah satu yang ia programkan adalah pelatihan computer bagi warga Desa Gempol. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk membekali generasi produktif warga Gempol. “Pelatihan computer salah satunya yang akan diprogramkan,” jelasnya.
Selain itu, Mayo juga menyebut, pelatihan-pelatihan lain seperti yang berkaitan dengan kepelabuhanan akan diupayakan. Namun saat ini beberapa warga Desa Gempol yang masuk dalam data warga terdampak, sudah ada beberapa yang mengikuti pelatihan.
“Ada beberapa warga kami juga yang ikut pelatihan dari JICA, pelatihanya macam-macam seperti forklift,” tambahnya.
Untuk itu, ia berencana memberikan porsi lebih pada upaya peningkatan SDM. Agar kedepan, keberadaan Pelabuhan Patimban tidak membuat warga lokal menjadi sengsara dan hanya menjadi penonton.
“Harus dipersiapkan, kami coba fasilitasi itu. Tapi memang butuh dukungan semua pihak termasuk dinas-dinas terkit juga yang berkompeten dalam memberikan ilmu dan pelatihan,” tutupnya.(ygi/sep)

0 Komentar