oleh

SMKN 3 Linggabuana Usung Kearifan Lokal

PURWAKARTA-Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Lingga Buana Purwakarta, di Kampung Karangsari Desa Citalang Purwakarta.

Menurutnya, lokasi sekolah saat ini sangat strategis dan asri. Sebelumnya, SMKN 3 Linggabuana ini ikut di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purwakarta.
“Alhamdulillah, sangat bangga. SMKN 3 Linggabuana sudah punya bangunan sendiri. Tempatnya strategis, lingkungannya nyaman, dan alamnya yang asri. Banyak pepohonan. Menjadikan sekolah ini tidak sumpek untuk kegiatan belajar,” Ujar Anne, Kamis (6/2).

BACA JUGA: Kecewa soal Pungutan, Wabup Minta Irda Sanksi PNS

Selain lokasi yang strategis, Bupati yang akrab disapa Ambu Anne mengatakan, sekolah ini merupakan sekolah pertama di Purwakarta yang mengusung kearifal lokal. “Satu-satunya SMK yang mempunyai alat gamelan. SMK ini sangat mengedepankan dan mengusung kearifan lokal, agar nantinya anak-anak tidak lupa sama purwadaksi,” katanya.

Diusungnya kearifan lokal, Ambu Anne menuturkan, mereka tidak akan lupa akan identitas sekolah maupun daerah asalnya. “Ini sangat bagus. Kearifan lokal harus ditanamkan. Itu yang mencirikan atau membedakan dengan daerah lain. Meskipun nantinya sedang berada di negeri orang, akan tetap ingat dan cinta sama tanah kelahirannya. Supaya mereka mencintai daerahnya, mencintai Purwakarta dan mencintai Indonesia,” ucapnya.

Bupati Anne akan merampungkan bangunan yang belum selesai semua. “Meski belum rampung 100 persen, nanti saya akan usahakan untuk bicara kepada Pemprov agar membantu perampungan bangunan sekolah ini,” tutup Anne.(mas/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *