oleh

Jaga Ekosistem Pantai Blanakan, Aktivis Tanam 1.000 Pohon Mangrove

SUBANG-Perhatikan ekosistem Pesisir Pantura Subang, sejumlah pegiat lingkungan yang tergabung dalam Kelompok Konservasi Pesisir Laut Blanakan (KKPLB) melakukan aksi Gotong Royong Bebersih Sampah (GOBER’S) di sepanjang pantai Blanakan. Penanaman mangrove jadi agenda utama dalam kegiatan ini. Namun tidak hanya itu, pembersihan sampah juga dilakukan.

Ketua KKPLB-Mekar Bahari, Ajuki mengadakan kegiatan dan penanaman pohon mangrove di Pantai Blanakan dilakukan untuk menjaga ekosistem pesisir utara Pantai di Subang khususnya Blanakan. Hal ini untuk menjaga pantai dari abrasi juga membersihkan sampah yang ada di perairan. “Kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di Pantai Blanakan,” jelasnya.

Juki merasa senang dengan kehadiran stakeholder seperti dari Dinas Lingkungan Hidup, Perhutani, FKPDAS Korwil Subang dan anggota DPRD. Kata Juki komunitasnya membutuhkan arahan supaya yang lakukan bisa menghasilkan perkembangan yang signifikan pada kualitas lingkungan.

“Kami butuh arahan dan yang lainya sehingga kelompok pegiat lingkungan disini sehingga kami bisa berkembang dan berbuat lebih banyak lagi dalam penanaman dan kebersihan sampah di sepanjang sungai Blanakan. Guna meningkatkan kualitas lingkungan,” tuturnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak. Diantaranya disampaikan anggota DPRD Subang Dapil IV dari Fraksi Gerindra, Zainal Mufidz yang menyebutkan kegiatan merupakan kegiatan yang mulia dalam menjaga lingkungan khususnya di sekitar pantai. “Secara pribadi dan kedinasan akan kami perhatikan dan ke depannya akan kami bantu lebih maksimal untuk kelestarian lingkungan di wilayah Pesisir Pantai Blanakan,” ujarnya.

Selain itu, pihak Perhutani sebagaimana disampaikan Carma dari KRPH Tegal Tangkil sangat mendukung kegiatan GOBER’S. “Kami akan bantu bibit dan akses lahan kedepan buat KKKPLB Mekar Bahari. Dan kami juga sangat bangga ada komunitas peduli lingkungan seperti ini,” ujarnya.

Pada penanaman itu ditanam mangrove sebanyak 1000 pohon, tanaman kayu-kayuan dan buah-buahan 100 pohon.(ygi/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *