PT Taekwang Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Lingkungan Pabrik

0 Komentar

SUBANG-PT Taekwang Industrial Indonesia melakukan langkah konkrit mengantisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan pabrik. Sejak Senin (24/2) seluruh karyawan maupun tamu dilakukan pemeriksaan menggunakan thermal scanner. Ada lima alat tersebut yang ditempatkan di tiga pintu masuk.
Hubungan Industrial PT Taekwang Industrial Indonesia, Epi Slamet mengatakan, Taekwang memiliki 27 ribu karyawan yang harus dilindungi agar tidak terkena virus Corona. Penggunaan thermal scanner ini diharapkan dapat mengantisipasi penyebaran virus Corona.
“Kami berkomitmen menjaga kesehatan para karyawan PT Taekwang,” ungkap Epi kepada Pasundan Ekspres, Rabu (26/2).
Dia mengatakan, semua karyawan bahkan hingga level pimpinan diwajibkan melakukan pemeriksaan dengan thermal scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh. Selain itu, bagi karyawan dari tenaga kerja asing yang baru masuk ke Indonesia untuk istirahat selama 14 hari di rumah.
“Setelah pulang dari Korea mereka tidak langsung bekerja, melainkan 14 hari menjalani isolasi sesuai standar WHO dan setiap hari harus melaporkan kondisi kesehatannya,”
Manajeman juga telah mengeluarkan kebijakan tenaga kerja dari Korea untuk tidak mengajukan cuti atau melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.
Langkah tersebut sebagai upaya antisipasi dikhawatirkan karyawan tersebut bepergian ke luar negeri yang berpotensi kontak dengan wilayah penyebaran virus Corona.
Epi menjelaskan, perusahaan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Ciereng. Rumah sakit daerah ini dijadikan tempat rujukan untuk perawatan kesehatan jika ada karyawan yang terindikasi memiliki gejala sakit seperti terkena virus Corona.
“Kami bekerjasama dengan RSUD Subang mengenai langkah antisipasi ini,” ujarnya.
Dokter kesehatan kerja perusahaan PT Taekwang Industrial Indonesia, Martinus Radhitio menambahkan, thermal scanner ini digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh manusia guna mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona.
“Jika suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius maka akan kami rujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.
Dia mengatakan, manajeman juga telah melakukan himbauan kepada seluruh karyawan Taekwang untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal itu dilakukan penting untuk tetap menjaga kesehatan karyawan.
“Kami juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada karyawan satu hingga dua kali dalam satu tahun,” ujarnya.(ysp/vry)

0 Komentar