MENAKAR RELIGIUSITAS ORMAWA KAMPUS UMS

0 Komentar

Jalankan ibadah tepat waktu

Ada yang mengatakan bahwasanya kebersihan sebagian dari iman, akan tetapi pada faktanya kebersihan pangkal kesehatan. Apabila seseorang sudah disiplin dalam menjaga kebersihan diri niscaya ia akan senantiasa hidup dalam lingkungan yang sehat dan sukar terjangkit penyakit.
Secara garis besarnya dapat dikatakan bahwa tingkat religiusitas ormawa yang ada di UMS sudah baik, contohnya saja yang ada di fakultas geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta, hampir setiap hari sekre (basecamp) ormawa selalu dipenuhi oleh mahasiswa.
Tak lupa ketika sudah memasuki waktu salat pun mereka menunaikn ibadah shalat secara berjamaah. Hal tersebut menghasilkan pemandangan yang harmonis antar ormawa yang terjalin dengan baik.
Namun, tidak menampik bahwasanya masih ada saja mahasiswa yang melakukan penyimpangan seperti tidak melaksanakan salat 5 waktu dan perilaku islami.
Harapannya kebiasaan tersebut dapat berdampak baik langsung maupun tidak langsung bagi mahasiswa umum. Menjalankan ibadah tepat waktu, mengaji bersama, ataupun sekadar berdiskusi terkait isu-isu akan permasalahan religi yang sedang hangat diperbincangkan harus menjadi menu ormawa kampus berbasis islami.

Berikut tips yang dapat dilakukan guna meningkatkan religiusitas ormawa yang ada di kampus :

1. Semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
Selalu menanamkan diri bahwasanya setip kegiatan yang kita lakukan mendapatkan perhitungan di hari akhirat kelak membuat seseorang akan selalu mawas diri ketika akan berbuat maksiat dan taat dalam menjalankan ibadah secara tepat waktu. Alloh swt berfirman dalam QS Ad Dhua ayat 4 : “ Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan.
2. Memilih lingkaran pertemanan yang sehat
Tidak dapat dipungkiri bahwsanya karakter kita sebagian besar dipengaruhi dari lingkungan yang terdekat dan yang paling mendominasi. Hal tersebut berasal dari lingkungan pertemanan, penting betul kita memilah dan memilih pergaulan yang tepat agar diri tidak akan tersesat.
Sebagai kampus yang berlandaskan keislaman, Universitas Muhammadiyah Surakarta sendiri sudah melakukan banyak upaya yang dilakukan guna meningkatkan tingkat religiusitas mahasiswanya, beberapa cara yang sudah ditempuh yaitu dengan melaksanakan gerakan cinta subuh, mentoring, serta mengikuti kegiatan Baitul Arqam di pondok sobron selama 4 hari lamanya.

0 Komentar