Endang Mulyana dan Asep Agustian: Enak Pilih Jalur Independen, Lebih Mudah

0 Komentar

Lebih Mudah Dibanding Parpol
KARAWANG-Pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, Endang Mulyana dan Asep Agustian memilih jalur perseorangan atau independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2020. Pasalnya, jalur independen dinilai lebih mudah dibandingkan jalur partai yang disebutnya lebih mahal dan ribet.
“Kita ingin memiliki perbedaan. Melalui jalur independen ini memiliki biaya politik yang jauh lebih murah dan tidak ribet. Tujuan kita adalah ingin bekerja untuk rakyat bukan nanti ribet untuk bekerja karena partai kalau kelompok tertentu. Karena intinya untuk rakyat kami memilih untuk mencalonkan diri,” kata bakal calon wakil bupati perseorangan yang mengusung jargon Enak, Asep Agustian, Rabu (4/3).
Asep menyebutkan biaya politik independen sangatlah murah. Namun bukan berarti tanpa mengeluarkan biaya. “Ada biaya, seperti biaya bensin, biaya kopi,” katanya.
Namun ia memastikan, para bakal calon perseorangan memang memiliki biaya yang sangat minim. “Kalau kaya punya uang puluhan miliar saya tidak mungkin jadi calon independen. Dalam artian saya mencalonkan karena untuk rakyat. Saya tidak menargetkan mesti habis biaya berapa. Namun, terkadang konstituen kami yang membayar kopi, karena mereka bukan kami ajarkan untuk politik uang,” terangnya.
Jika pasangan Enak terpilih, Asep mengaku tidak akan takut bakal terhalang oleh DPRD yang berasal dari politik. “Saya yakin itu tidak akan terjadi. Mau legislatif dan eksekutif semuanya merupakan wakil rakyat yang memiliki tujuan untuk membangun Karawang,” tegasnya.
Pasangan bakal calon Enak ini telah menyerahkan 110.599 dukungan dengan sebaran di 30 kecamatan dari jumlah syarat yang ditentukan KPU Karawang sebesar 108.548 dukungan dengan sebaran di 16 kecamatan. Secara persyaratan dukungan minimal pasangan Enak lolos. Saat ini pihaknya masih menunggu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual KPU.
Diketahui, Endang Mulyana yang mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati merupakan seorang kepala desa di Desa Mulyajaya Kecamatan Kutawaluya. Sementara, Asep Agustian sebagai bakal calon wakil bupati merupakan seorang pengacara.
Asep Agustian sendiri pernah mencalonkan diri sebagai wakil bupati di Pilkada Karawang Tahun 2015 lalu, ia maju mendampingi Nanan Taryana. Pada Pileg 2019, Asep juga pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Berkarya. “Saya ini petarung, saya tidak mudah menyerah,” katanya.(aef/sep)

0 Komentar