oleh

Hari Ini HUT Ke-72, dari Mana Asal Kata Subang?

SUBANG-Setiap tanggal 5 April diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Subang. Tahun 2020, Subang telah berusia 72 tahun.
Tahukah Anda, nama Subang memilik berbagai versi? Ya cukup beragam asal usul kata Subang itu.
Ada yang menyebut, Subang berasal dari nama seorang wanita dalam cerita Siliwangi. Pada cerita Siliwangi dikenal ada nama Subang larang atau Subangkarancang.
Ada yang menyebut juga, kata Subang berasal dari suatu tempat bernama Subang di daerah Kuningan. Waktu masa P & T Lands disebutkan banyak pekerja dari Subang, Kuningan yang didatangkan ke Subang.
Ada versi dari cerita rakyat yang mengatakan bahwa Subang berasal dari kata “Suweng” atau disebut juga anting.
Sedangkan jika merujuk pada buku Sejarah Kabupaten Subang terbitan tahun 2007, Subang sebagai nama tempat atau daerah dan gunung, baru dikenal pada abad 17 dan 18 sebagaimana ditulis oleh De Haan (1912:296).
Kutipannya sebagai berikut: “Pada tanggal 6 Oktober 1962, Couper (Komandan Tentara Kompeni) dapat memukul pasukan Surapati, 160 orang prajurit Surapati melarikan diri ke Madura, 50 orang melarikan diri ke Banyumas dan Bagelan, sedangkan pasukan Van Happel dari Imbanegara menuju Dayeuhluhur melintasi Cijolang terus melewati Subang kembali ke Cheirebon.
Nah, menurutmu asal usul Subang yang tepat versi yang mana ya?(ysp/ded)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *