Produksi Masker Massal, Libatkan Penjahit Lokal

0 Komentar

Akan Dibagikan Untuk Warga
PUSAKAJAYA-Pemerintah Desa se-Kabupaten Subang melalui Pemerintah Kecamatan masing-masing, akan melibatkan penjahit lokal untuk produksi masker secara massal.
Hal ini dilakukan seiring meningkatnya kebutuhan masker dan rekomendasi dari World Health Organizations (WHO) yang memberikan anjuran untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar dalam rangka pencegahan Virus korona atau Covid-19.
“Insyaallah kita akan persiapkan maskernya, saya dikasih bahan nya dari Pemda,” kata Camat Pusakajaya Drs Vino Subriadi kepada Pasundan Ekspres, Selasa (7/3).
Menurutnya, Vino telah memerintahkan Kepala Desa untuk mendata para penjahit yang ada di wilayah Desa masing-masing. Nantinya para penjahit tersebut akan diberi tugas untuk menjahit dan membuat masker untuk dibagikan kepada masyarakat.
“Kainnya kita berikan, tukang jahit diminta untuk menjahit masker ini, satu masker dihargai Rp 1000 bagi para penjahit dari Pemda Subang,” ucap Vino.
Gerakan ini dilakukan untuk menekan langkahnya mendapatkan masker di lapangan. Selain itu penyediaan masker bagi masyarakat juga saat ini nilai penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona.
“Kita berusaha kerja kolektif memberdayakan para penjahit, di sisi lain kebutuhan masyarakat akan masker mudah-mudahan bisa terpenuhi,” ucap Vino.
Nantinya masker yang akan diproduksi oleh para penjahit tersebut akan dibagikan pada penduduk yang ada di wilayah Kecamatan Pusakajaya.
“Insyaallah nantinya akan dibagikan pada warga masyarakat di kecamatan Pusakajaya, masker kain ini nantinya bisa dicuci yang digunakan oleh masyarakat, mengingat kebutuhan akan masker medis yang dibutuhkan oleh para tenaga medis saat ini harus diprioritaskan khusus untuk tenaga medis,” imbuhnya.
Saat ini dari data yang telah masuk, ada 104 warga di Kecamatan Pusakajaya dari 8 Desa yang berprofesi sebagai penjahit. Nantinya, jika bersedia dengan tawaran tersebut, para penjahit akan dilibatkan dalam produksi masker secara massal ini.
“Kita akan pastikan terlebih dahulu, tanya dulu, yang siap siapa saja, Kalau siap dengan segera kain akan kita distribusikan,” tuturnya.(ygi/sep)

0 Komentar