Pernah Lakukan Power Nap? Inilah Tips Aman Berkendara saat Puasa

0 Komentar

PURWAKARTA-Saat seseorang berpuasa, maka konsentrasi dan emosionalnya akan lebih mudah terpengaruh, termasuk saat berkendara. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara dalam keadaan berpuasa, Satlantas Polres Purwakarta membagikan tips agar mengemudi lebih aman saat berpuasa.
Selain tetap fokus pada saat berkendara, hal yang tak kalah penting untuk dipatuhi saat berkendara dalam keadaan berpuasa yakni lebih mengontrol emosi. “Ketika puasa kemampuan spasial untuk melihat kedalaman, jarak, dan kecepatan menurun drastis. Pun halnya waktu reaksi menjadi lebih lambat,” kata Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo di Mapolres Purwakarta, Senin (27/4).
Belum lagi, sambungnya, secara psikologis orang yang sedang berpuasa juga cenderung mudah mengantuk karena waktu tidur yang berubah. “Jam tidur dan waktu makan yang berubah mempengaruhi kemampuan pengemudi untuk tetap waspada dan fokus saat mengemudi. Kelelahan juga mengurangi tingkat konsentrasi pengemudi dan mengurangi waktu reaksinya. Ini berarti bahwa kehati-hatian yang ekstra diperlukan saat mengemudi selama bulan Ramadan,” ujar Bowo, panggilan akrabnya.
Menurutnya, meskipun sedang menjalani ibadah puasa, tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan pada waktu yang tetap harus dijalani. “Jika merasa mengantuk sebelum mengemudi, lakukan power nap atau tidur sejenak guna mengembalikan tenaga terlebih dahulu,” katanya.
Bowo menambahkan, jika pengemudi merasa mengantuk saat mengemudi, segera menepi dan beristirahat. “Baiknya mulai perjalanan lebih awal untuk menghindari ngebut dan berkendara lebih sopan dan sabar terhadap pengguna jalan lain,” ujarnya.
Selain itu, tambah Bowo, pengendara harus selalu menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan kondisi jalan dan cuaca. “Hati-hati terhadap pengemudi lain yang kelelahan. Amati semua rambu lalu lintas dan peraturan, hindari manuver tiba-tiba, melihat dan dilihat,” ucapnya.
Bowo juga berpesan untuk memastikan semua lampu berfungsi baik termasuk lampu rem dan sein. Bersihkan jendela untuk menghilangkan debu menempel yang menghalangi pandangan. “Patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Keselamatan Anda berawal dari Anda sendiri,” katanya berpesan.(add/vry)

0 Komentar