oleh

Kalah Saing oleh Transportasi Online, Angkutan Umum Terancam Hilang

PURWAKARTA-Setelah tergerus dan kalah bersaing dengan angkutan khusus online dan angkutan travel, angkutan umum jenis elf jurusan Purwakarta – Bandung terancam menghilang.
Seperti nampak di jalan Veteran Sadang. Pernah menjadi angkutan umum pavorit di tahun 1990-an, angkotan antar kota antar dalam provinsi elf kini mirip gerbong kereta mogok.
“Bukan cuma sepi pak, nasib kami sopir elf makin gak jelas. Apalagi banyak warga yang takut naik angkutan umum karena penyebaran virus corona yang mudah tertular,” ungkap Arja (40) salah seorang sopir elf jurusan Purwakarta – Bandung ditemui.
Berharap ada bantuan dari pemerintah, Arja dan kawan kawan sopir elf juga berharap ada kelonggaran dari pemeringah soal PSBB. Pasalnya, jenis angkutan umum seperti elf yang mengejar setoran. Biasa berangkat jika penumpang penuh untuk memenuhi kebutuhan beli bahan bakar solar dan biaya operasional lainnya.
Meski tidak melalui tol Cipularang angkutan elf yang biasa menempuh jalur arteri, sopir elf mengaku sulit mendapatkan penumpang akibat pemberlakuan PSBB.
“Angkutan pribadi sekarang mudah didapat, kredit murah belum lagi angkutan online. Sekedar dapat uang buat makan saja sudah bagus buat kami. Untuk itu kami berharap bantuan atau subsidi dari pemerintah untuk profesi kami,” harapnya.(mas/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *