Dilema Pandemi dan Sepakbola Nasional

0 Komentar

Namun jika sistem ini di lakukan di Indonesia, hal ini dikhawatirkan akan mengundang masalah baru karena kita tahu antusias masyarakat Indonesia terhadap sepakbola sangat tinggi sehingga dikhawatirkan akan mengundang kerumunan masa pendukung klub sepakbola untuk menggelar acara nonton bareng di komunitas masing-masing bahkan membentuk kerumunan diluar stadion dengan penonton yang datang dari berbagai wilayah. Tentu hal ini tidak sesuai dengan instruksi pemerintah guna menjaga jarak antara individu masyarakat.
Solusi yang kedua yaitu PSSI melakukan penghentian total kompetisi liga 1 dan liga 2. Karena dengan penghentian ini manajemen klub dapat melakukan langkah-langkah yang jelas dan tepat agar bisa mengatur operasional klub di tengah pandemi ini. Sehingga langkah selanjutnya setelah penghentian kompetisi resmi dan pandemi berakhir, maka PSSI bisa membuat opsi membuat turnamen sepakbola nasional yang mengunakan skema baru yaitu skema eliminasi dengan jangka waktu pendek guna mengisi kekosongan jadwal di akhir kompetisi dengan harapan pandemi berakhir secepatnya.
Ditambah dari hasil balasan surat yang dikirim PT Liga Indonesia Baru (LIB) terhadap tim liga 1 dan liga 2, mayoritas klub meminta kompetisi dihentikan. Mereka ingin menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah tentang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Maka jika dilihat dari solusi dan kemungkinan yang ada tersebut sebaiknya PSSI segera melakukan tindakan yang terukur dan jelas dengan menghentikan kompetisi sepakbola sepenuhnya.
Karena jika dipaksakan terus menggelar pertandingan maka dikhawatirkan kasus positif pandemi akan meningkat. Sebagai gantinya solusi yang ditawarkan dengan melihat kondisi pandemi yang sudah membaik dan selesai secara penuh, PSSI bisa membuat turnamen baru disisa tahun 2020, guna menjaga kebugaran tim dan juga menghidupkan kembali atmosfer pertandingan sepakbola di nusantara.
Kita berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan sepakbola nasional bisa segera bangkit dari masa sulit ini. Sehingga pada akhirnya semua kegiatan di negara ini cepat bisa kembali normal. Khususnya sepakbola Indonesia yang sudah dinanti kehadirannya oleh masyarakat Indonesia, kita juga berharap setelah pandemi ini berakhir seoakbola nasional bisa berbenah lebih baik lagi dan pada akahirnya bisa juara dan jaya di berbagai kompetisi internasional. Hal ini pula untuk kepentingan dan kebanggaan sepakbola Indonesia dan masyarakat Indonesia umumnya. (*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar