oleh

Irjen Kemensos Monitor Penyaluran BST Tahap II

SUBANG-Iinspektorat Jenderal Kemensos RI langsung meninjau dan memonitor penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II di wilayah Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat, Rabu (10/6).
Menurut Auditor Muda Irjen Kemensos Dondon didampingi Adil usai monitoring penyaluran BST tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya ingin memastikan proses penyaluran BST berjalan lancar dan tertata rapi serta tepat sasaran.
Ditanya soal data penerima BST dampak covid 19, Dondon mengatakan, data penerima bantuan berdasarkan usulan dari desa bersangkutan. “Usulannya dari desa secara berjenjang hingga masuk data ke Kemensos,” katanya.
Selain monitoring, Auditor Kemensos tersebut, juga sempat mewawancarai warga penerima manfaat, untuk memastikan warga tersebut adalah benar-benar warga yang terdampak covid 19.
Data dari Kemensos sendiri, saat ini penerima BST secara nasional mencapai 9 juta orang. Camat Pagaden Barat Hj.Asmita yang mendampingi Auditor Irjen Kemensos itu mengatakan, pihaknya sejak awal program bantuan ini digulirkan, telah mewanti-wanti para kades, agar penyaluran bantuan itu tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dan data ganda. Artinya orang yang telah mendapatkan bantuan reguler seperti PKH dan BPNT tidak masuk dalam daftar penerima. “Setiap penyaluran bantuan dari manapun, saya selalu turun ke lapangan. Dan secara umum berjalan lancar dan tertib,” ujar Hj. Asmita Camat Pagaden Barat.
Diketahui penerima BST di Desa Mekarwangi berjumlah 257 orang.
Penyaluran BST tersebut berjalan di tiga desa yaitu Desa Bendungan, Mekarwangi dan Munjul, dan baru tuntas malam hari.
Ditempat terpisah, sebanyak 2.868 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Pusakanagara kembali diberikan BST Kemensos Tahap II. Pembagian mulai dilakukan pada Kamis (11/6) untuk 3 Desa yakni Desa Mundusari, Kotasari dan Rancadaka. Rencananya untuk 5 Desa lainnya akan dilaksanakan hingga Sabtu.
TKSK Kecamatan Pusakanagara Suharto menuturkan, bansos Kemensos tahap II mulai disalurkan kembali oleh pihak kantor pos. Pada saat ini ada penambahan data dimana untuk data sebelumnya ada 2857 penerima Bansos. “Untuk saat ini jumlahnya ada 2868 untuk 7 Desa yang ada di Kecamatan Pusakanagara,” ucapnya.
Untuk pembagian Bansos saat ini katanya, tidak berdesakan dan tetap mengindahkan protokol Covid-19. “Alhamdulillah pembagiannya lancar, untuk 3 Desa ini, tadi juga pak Camat ada, meninjau langsung,” tambahnya.
Sementara itu, mengenai Bansos Kabupaten, dari informasi sementara ini, akan mulai dikirim dari Kabupaten pada 10 Juni jika tak ada perubahan. Namun untuk mekanisme pembagian ke tiap desa dan jadwalnya akan diatur lebih lanjut.(dan/ygi/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *