oleh

Gunung Honje, Alternatif Lembu, Bongkok dan Parang, Tawarkan Dua Jalur Seru, Renghap dan Bonus

PURWAKARTA-Gunung Honje boleh jadi alternatif menantang bagi para pecinta hiking di Kabupaten Purwakarta. Berlokasi Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, nama Gunung Honje memang tak sepopuler Gunung Lembu, Bongkok, atau pun Gunung Parang.
Padahal, ketinggian Gunung Honje bisa dibilang sama dengan ketiga gunung tersebut, yakni 500 mdpl. Dan lokasinya pun sama-sama berada di wilayah pesisir Danau Jatiluhur.
Salah seorang Pembina Komunitas Pencinta Alam Sukasari (Kompas) Mochamad Aripin mengatakan, untuk mendaki Gunung Honje, ada dua jalur yang bisa dipilih, yaitu Jalur Renghap atau Jalur Bonus.
Baca Juga: Bupati ke Wisata Pamoyanan, Objek Wisata Segera Dibuka?
“Untuk moda transportasi cukup mendukung. Karena untuk bisa sampai di kaki gunung dan memulai perjalanan, bisa menggunakan roda dua atau pun mobil,” kata Aripin kepada koran ini saat dihubungi, Kamis (25/6).

Jarak tempuh 40 km

Untuk sampai ke Desa Kertamanah, sambung dia, bisa naik motor dan mobil, dengan jarak tempuh sekitar 40 km, dari Kota Purwakarta menuju Kecamatan Sukasari.
“Sesampainya di kampung Bunipasir, Desa Kertamanah, tepatnya di pintu masuk menuju puncak Gunung Honje, bisa langsung menyusuri jalan bebatuan melewati perkebunan bambu,” ujarnya.
Untuk menuju puncak gunung, lanjut dia, para pendaki akan melewati tiga ‘Pos Renghap’. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pos Renghap 1. Rehat sejenak di pos ini, kemudian dilanjutkan ke Pos Renghap 2.
“Menuju Pos Renghap 2 kontur jalannya sedikit licin dan menanjak, jadi harus ekstra hati-hati, namun medannya belum terlalu berat. Waktu yang dibutuhkan ke Pos Renghap 2 ini juga sekitar 30 menitan,” katanya.
Adapun perjalanan ke Pos Renghap 3, lanjut Aripin, medannya lumayan menantang dengan trek menanjak. Waktu tempuh hingga ke puncak adalah sekitar 15 menit dengan ketinggian 536 mdpl.
“Pendaki bisa membangun tenda di sini untuk melihat sunset maupun sunrise keesokan harinya. Jika jalur Renghap dirasa terlalu berat, maka bisa memilih jalur Bonus yang relatif lebih mudah, namun jarak tempuh lebih jauh dibandingkan jalur Renghap,” katanya.
Sesampainya di Puncak Gunung Honje, kata dia, maka rasa lelah terbayarkan dengan pemandangan indah sejauh mata memandang. Tampak gunung-gunung yang berada di pesisir Danau Jatiluhur.
“Di puncak pemandangannya sangat indah. Rasa lelah bakal terlunasi dengan pemandangan menakjubkan. Terlebih saat sunset maupun sunrise,” ucapnya.(add/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *