oleh

BUMDeSmart Desa Siluman Kecamatan Pabuaran Permudah Masyarakat Bayar Pajak

PABUARAN-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Lestari di Desa Siluman Kecamatan Pabuaran, didaulat sebagai BUMDes Smart di Kabupaten Subang. Hal itu setelah menjalin kemitraan dengan Bank BJB dan Bapenda Kabupaten Subang, kini bisa dirasakan ragam manfaatnya oleh masyarakat.
Ketua Bumdes Mandiri Lestari Desa Siluman Kecamatan Pabuaran, Mustofa mengatakan program tersebut sangat strategis bagi masyarakat, terutama terkait pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang bisa dilaksanakan di BUMDes. Hal itu tak lain hasil kolaborasi dengan Bapenda Provinsi Jawa Barat dan Samsat Kabupaten Subang.
“Program ini sangat manfaat bagi masyarakat. Bisa bayar pajak lebih dekat, lebih mudah dan langsung masuk ke kas negara (real time). Sehingga bisa terjadi akselerasi pembayaran pajak tepat waktu dan cepat, sesuai target Pendapatan Daerah,” jelas Mustofa kepada Pasundan Ekspres sehari setelah BUMDes yang dikelolanya dilaunching sebagai BUMDeSmart, Jumat (26/6) kemarin.
Baca Juga: Lebih Mudah! Bayar PBB, Pajak Kendaraan Hingga Beli TIket Kereta Bisa di BumdeSmart
Dia menjelaskan setelah bekerjasama dengan BJB, BUMDes tidak hanya melayani pembayaran PBB dah PKB saja, namun membuka Jasa PPOB (Paymen Point Online Bank) untuk berbagai pembayaran online seperti pembayaran kredit, pulsa, tiket KA, PLN, dan lain-lain.
Pada kesempatan yang lain, Pimpinan BJB Sabang Subang Rois Muhammad menjelaskan bahwa PPOB atau pembayaran online memudahkan para wajib pajak di pedesaan dengan tidak harus datang ke bank atau ke Samsat. Pasalnya, hanya cukup mendatangi BUMDes yang sudah bekerjasama dengan bank bjb. “Itu lebih efisien dan akurat, semangatnya memberikan kemudahan bagi wajib pajak,” tambahnya.
Program-program pengembangan tekhnologi juga terus dikembangkan, dalam rangka membantu Pemerintah Daerah menghasilkan PAD yang optimal. “Ke depan akan terus memberikan terobosan-terobosan untuk membantu Pemerintah Daerah menghasilkan PAD.”(idr/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *