oleh

DPPKB Kabupaten Purwakarta Kejar Target Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Purwakarta Ditarget 8.664 Orang

PURWAKARTA– DPPKB Kabupaten Purwakarta berkomitmen ikut mewujudkan target nasional pelayanan KB sejuta akseptor. Hal itu dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang jatuh pada 29 Juni 2020.
Teranyar, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar layanan KB MOP (Medis Operasi Pria) gratis berupa vasektomi di Klinik Wijaya Kusuma Jl. RE Martadinata, Purwakarta, Sabtu (27/6). Tercatat sebanyak 15 akseptor KB mengikuti kegiatan tersebut.
Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta Nurhidayat mengatakan, tujuan dari pelayanan vasektomi gratis ini di antaranya untuk merealisasikan target yang telah ditetapkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN.
Baca Juga: Peringati Hari Keluarga Nasional 2020, DP2KBP3A Optimalkan 8 Fungsi Keluarga
“Di samping itu, untuk menghindari terjadinya baby boom di masa pandemi Covid-19 ini. Termasuk juga menghindari kehamilan yang tidak diinginkan dan masih tingginya angka unmeet need atau pasangan usia subur (PUS) yang tidak ber-KB,” ujarnya di Klinik Wijaya Kusuma.
Sementara itu, Kepala Bidang KB DPPKB Purwakarta Idi Junaedi mengatakan, untuk mendukung terwujudnya sejuta akseptor secara nasional, Kabupaten Purwakarta ditargetkan oleh BKKBN sebanyak 8.664 akseptor.
“Alhamdulillah, sejak pertengahan Juni 2020 lalu kami sudah memulai pelayanan KB gratis mewujudkan target nasional sejuta akseptor. Adapun target sebanyak 8.664 akseptor Insyaallah bakal terwujud,” ujarnya saat dihubungi, Ahad (28/6).
Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang turut mendukung program sejuta akseptor. “Di antaranya Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kodim 0619/Purwakarta, hingga Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Purwakarta serta bidan praktik mandiri,” kata Idi.
Untuk kepastian pencapaian targetnya, sambung Idi, akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Harganas ke-27 yang digelar di Puskesmas Purwakarta Kota.
“Bupati Purwakarta Ambu Anne (panggilan akrab Anne Ratna Mustika) dijadwalkan hadir,” ucapnya.(add/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *