oleh

Lama Menderita Sakit Gula, Cicih Warga Kampung Kiara Koneng 2 Desa Talagasari Dapat Kabar Baik

Rumah Panggung Rapuh Segera Diperbaiki Total

Cicih (45) Warga Cicih di RT 9 RW 3 Kampung Kiara Koneng 2 Desa Talagasari sudah puluhan tahun tinggal di rumah panggung. Kondisi kayu dan bambu rumah yang berukuran 7 x 6 meter tersebut sudah rapuh. Setelah sakit hampir lima bulan, dia mendapat kabar gembira. Rumahnya tersebut akan diperbaki.
Laporan: YUSUP SUPARMAN, Subang
Berbeda dengan rumah di sekitarnya. Rumah tetangganya sudah dibangun menggunakan batu, pasir dan semen. Sebagaimana rumah pada umumnya di zaman sekarang.
Kondisi rumah Cicih dan suaminya, Asep Yadi serta satu anaknya, Wisnu Maulana cukup memprihatinkan. Dinding rumah dari bambunya sudah banyak yang bolong.
Perlengkapan rumahnya pun sangat sederhana. Seperti untuk masak, dia masih menggunakan tungku tradisional. Ada satu televisi tabung di rumahnya, sebagai hiburan melepas kepenatan setelah kesibukan sehari-hari.
Hampir lima bulan ini, Cicih menderita sakit gula. Sehingga ia kesulitan beraktivitas untuk pergi ke sawah maupun ke kebun.
Selama sakit tersebut ia mengaku menjalaninya dengan sabar. Siapa sangka buah dari kesabaran tersebut berbuah manis. Tiba-tiba ia mendapat kabar dari kepala desanya, kalau rumahnya akan diperbaiki.
Ya, rumah tersebut merupakan sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108. Kegiatan TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang akan dilaksanakan mulai 30 Juni 2020.
Cicih mengaku senang ketika mendapat kabar rumahnya tersebut akan diperbaiki atau direhab total. “Alhamdulillah pas lagi sakit dapat kabar rumah akan diperbaiki,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres, Sabtu (27/6).
Hal senada disampaikan suaminya seorang guru ngaji, yang juga sebagai petani. Dia mengaku bersyukur rumahnya akan segera diperbaiki. “Bersyukur rumah kami akan diperbaiki dalam program TMMD,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua RT 9 RW 3 Kampung Kiara Koneng 2 Desa Talagasari, Yaya mengaku sudah bosan mengajukan bantuan untuk perbaikan rumah Cicih. Sudah sering mengajukan bantuan, namun belum kunjung terlaksana. “Sudah sering, mungkin saya sudah bosan mengajukan (bantuan) hal ini. Diajukan sudah sejak tahun 2017,” ujarnya.
Sebagai ketua RT dia berterimakasih warganya tersebut kini mendapat bantuan untuk perbaikan rumah dalam program TMMD ke-108 Kodim/0605 Subang.(ysp/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *