oleh

TMMD Sasar Pembangunan Fisik dan Non Fisik, Buka Akses Jalan 8,5 KM

SERANGPANJANG–TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020 resmi dibuka oleh Bupati Subang H.Ruhimat. Pembukaan digelar di Aula Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Selasa (30/6).
Selain TNI, acara pembukaan TMMD ke-108 Tahun 2020 itu juga dihadiri unsur Muspida dan sejumlah intansi terkait.
Bupati Subang, H.Ruhimat mengapresiasi program yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat. Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang.
“Saya sangat mengapresiasi kepada TNI, karena dalam pelaksanaan program ini selalu memberikan nilai positif kepada masyarakat,” ujar Bupati Subang H.Ruhimat.
Dia menyebut dirinya selaku Bupati Subang sangat mendukung kegiatan TMMD ke-108 yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 0605/Subang. Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat di Desa yang menjadi lokasi TMMD dapat saling membantu dan selalu bekerjasama dengan Satgas TMMD Kodim 0605/Subang.
Baca Juga: TMMD Imbangan Resmi Dibuka
Dia berharap program yang dilaksanakan lintas sektoral ini, dapat terus ditingkatkan karena sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan wilayah.
Bupati Subang selain membuka secara resmi TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyerahkan secara simbolis alat kerja kepada perwakilan Satgas TMMD dan Masyarakat, serta meninjau langsung lokasi pembukaan jalan penghubung Kecamatan Kalijati Dengan Serang Panjang.

Menyasar dua hal yaitu fisik dan non fisik

Dandim 0605/Subang Letkol Arh. Edi Maryono mengatakan bahwa kegiatan menyasar dua hal yaitu fisik dan non fisik.
Sasaran fisik berupa pembangunan infrastuktur, pembukaan jalan baru yang menghubungkan Kecamatan Kalijati dengan Serang Panjang sejauh 8,5Km, dan pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu).
“Sasaran pembangunan fisik yakni pembangunan berupa pembukaan jalan lintas provinsi, yang menghubungkan Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang dengan Desa Banggalamulya Kecamatan Kalijati, sepanjang 8,5 KM, lebar 20 meter, dan pembuatan parit kanan-kiri jalan sepanjang 8,5 km sebagai sasaran pokok kegiatan TMMD Ke-108,” ujar Dandim usai meninjau lokasi pembukaaan jalan baru.
Adapun sasaran tambahan TMMD ke-108 Tahun 2020, ada pembangunan fisik lainnya seperti rehab Rutilahu milik warga di Kecamatan Serangpanjang sebanyak dua unit, pengecatan Mushola/Mesjid 1 unit, dan pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang.
“Tidak hanya pembangunan fisik, pembangunan non fisik turut melengkapi giat TMMD ke-108 tahun 2020,″ tambahnya.
Dia menjelaskan pembangunan non fisik adalah memberikan pemahaman soal wawasan kebangsaan dan penyuluhan kepada masyarakat. Penyuluhan ini berkoordinasi dengan kepolisian, kementerian agama, serta pemkab setempat.

Cegah masuknya paham ideologi yang bertentangan dengan Pancasila

Sedangkan unyuk sasaran non fisik salah satu upayanya guna mencegah masuknya paham-paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, pengobatan gratis, penyuluhan dan ceramah bidang kesadaran bernegara, bidang kesadaran bela negara, bidang kesehatan tentang protokol kesehatan menuju Adaptasi Kehidupan Baru (AKB), bidang kamtibmas, dan bidang kesejahteraan rakyat.
“Banyak kegiatan lain juga pada giat TMMD berupa pelatihan wawasan kebangsaan, olahraga bersama, hiburan dan perpustakaan keliling,” jelasnya.
Selain itu dia juga menegaskan, sasaran pembangunan fisik, sasaran non fisik juga telah tersentuh, terutama penyuluhan tentang protokol kesehatan menuju AKB.
Hematnya dalam kegiatan TMMD ini, diharapkan kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat, dapat membantu, sekaligus dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Dandim juga mengungkapkan bahwa setiap tahunnya program selalu dievaluasi. Tanggapan masyarakat termasuk dari pemerintah daerah menurutnya sangat sangat positif.
“Dengan program ini kita bisa membangun kebersamaan dengan orientasi pembangunan untuk masyarakat. Adapun untuk anggaran pelaksanaan ke 108 Tahun 2020 sebesar Rp.5,6 Milyar. Pelaksanaan ke 108 Tahun 2020 dikabupaten Subang akan berlangsung dari Tanggal 30 Juni – 29 Juli 2020,” pungkas Dandim. (idr/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *