SERBA SERBI PELAKSANAAN E UAS(UJIAN AKHIR SEMESTER)

0 Komentar

Pelaksanaan ujian online memiliki sedikit perbedaan dengan ujian offline. Sepertinya mahasiswa lebih menyukai ujian offline ketimbang online. Mahasiswa memiliki slogan khusus terkait pelaksanaan ujian offline yaitu “Datang, Kerjakan, dan Pulang” yaitu mahasiswa datang ke ruang ujian, mengerjakan soal, dan dapat pulang. Bahkan waktu yang digunakan untuk mengerjakan terlampau singkat, dan mereka tidak memiliki beban tugas setelah itu.
Seperti yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta. Meskipun sama-sama sehari terdapat 2 jadwal ujian, akan tetapi terkait tenggang waktu pengumpulan yang berbeda. Ujian offline pengumpulan lembar jawab langsung hari dimana mahasiswa melaksanakan ujian, sedangkan ujian online memiliki tenggat waktu pengumpulan selama 3 hari.
Tentunya bobot soal yang diberikan berbeda, karena apabila ujian online mahasiswa memiliki kesempatan mengerjakan lebih lama dan dapat membaca ulang materi yang telah diberikan. Soal UAS online lebih ditekankan pada level analisis dan menjelaskan kasus di suatu daerah dan ada yang membuat paper atau artikel di Koran.Tenggang waktu selama 3 hari diberikan guna meminimalisir kendala gangguan jaringan internet mahasiswa.
Akan tetapi, waktu tersebut justru digunakan mahasiswa untuk menunda pekerjaan. Hal tersebut mungkin karena mahasiswa memiliki kegiatan lain di kampus merdeka seperti magang,pengabdian pada masyarakat ataupun aktivitas yang lainnya yang menyebabkan merek tidak dapat mengumpulkan perkerjaannya sesegera mungkin.
Selain itu beberapa mahasiswa merasa sedikit keberatan dengan pelaksanaan E-UAS, pasalnya mereka harus membuat jawaban yang cukup banyak dalam bentuk paper ataupun artikel. Padahal apabila ujian offline beban soal dirasa lebih mudah dan tidak sebanyak uas online. Pengalaman pertama dan sangat kaya akan pembelajaran dialami masa pandemic ini, yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan akan tetapi menjadi kenyataan. Dunia sudah ada lagi jarak yang membatasi.
Pelaksanaan E-UAS kali ini menggunakan platform yang diseragamkan yaitu menggunakan aplikasi schoology. Dimana dosen memberikan soal di platform tersebut, kemudian kita login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat. Setelah itu kita memilih mata kuliah sesuai dengan jadwal ujian, kemudian kita perlu mengunggah kartu ujian di ruang yang sudah disediakan selanjutnya kita dapat mengunduh soal ujian dan mulai mengerjakan.

0 Komentar