oleh

Terhimpit Ekonomi, 1.000 Calon TKI Siap Kerja

SUBANG-Meski di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 1.000 calon TKI asal Subang siap bekerja ke Taiwan dan Tiongkok. Rencana pemberangkatan ribuan pekerja migran Indonesia (PMI) itu lantaran terdesak kebutuhan ekonomi.
Kepala Bidang Bina Penta TKI Disnakertrans Subang melalui Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Ivan Rahmat Maulana mengatakan pemberangkatan TKI itu berdasarkan pada surat edaran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI nomor 294 tahun 2020 tentang pelaksanaan penempatan pekerja migran indonesia pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).
“Dalam surat edaran itu membuka secara bertahap penempatan pekerja mirgan Indonesia, sebagaimana negara tujuan penempatan tertentu. Adapun bagi mereka yang bekerja ke luar negeri harus ditempatkan oleh pelaksana penempatan, perusahaan, perorangam dan lainnya,” kata Ivan.
Baca Juga: TKI Ilegal Diperkosa Hingga Melahirkan di Luar Negeri
Dia menyebut pekerja migran yang akan ditempatkan, harus sudah memiliki visa, ataupun yang sudah terdaftar di sistem komputersiasi perlindungan pekerja migran indonesia (Sisko P2MI). Selain itu juga harus memiliki surat izin perekrutan pekerja migran indonesia (SIP2MI ). “Sekarang dengan surat edaran tersebut sudah diperbolehkan lagi, ada penempatan bagi para calon TKI asal Kabupaten Subang,” pungkasnya.(ygo/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *