oleh

Hasil Deteksi PCR, 44 Anggota dan Sekretariat DPRD Negatif

PURWAKARTA-Pimpinan DPRD Purwakarta me-release hasil test ulang semua anggota dan staf sekretariatan DPRD. Hasilnya, 44 anggota DPRD melalui metode deteksi PCR (Polymerase Chain Reaction) dinyatakan negatif.
Ketua DPRD H Ahmad Sanusi didampingi wakil ketua Hj Neng Supartini, Sri Pujiutami berikut Sekwan DPRD Suhandi kepada Pasundan Ekspres menyatakan, jika lembaga DPRD Purwakarta dapat dinyatakan aman dari Virus Covid-19.
“Alhamdulillah dari hasil PCR 44 anggota dinyatakan negatif,” ujar H Ahmad Sanusi dengan memperlihatkan berkas laporan PCR.
Baca Juga: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat Berikan Mesin PCR
Saat ini, kita ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mendeteksi virus korona, yaitu rapid test dan PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test. Untuk tes keseluruhan baik anggota maupun staf, Sekwan Suhandi menjelaskan, ada dua tahap pengecekan rapid tes di lingkungan DPRD.
Untuk keseluruhan, hasilnya hanya menyisakan satu anggota dewan saja yang terkonfirmasi positif. “Dari kejadian beberapa waktu lalu kami evaluasi dan kemudian kami sikapi dengan melakukan tes ulang secara menyeluruh. Alhamdulillah, termasuk staf terkonfirmasi negatif,” ungkap Suhandi.
Suhandi menuturkan, ada satu anggota dewan yaitu saudara Warseno yang kini menjabat sebagai wakil ketua, dinyatakan positif oleh Tim Gugus Covid-19 Pemkab Purwakarta.
“Tidak terkecuali untuk saudara Warseno, juga dilakukan sweb tes ulang. Sementara saudara Warseno mengisolasi mandiri di tempat yang aman dan terus berkomunikasi medis didampingi tim kesehatan Gugus Tugas Covid 19 Purwakarta. Doakan agar pak Warseno kuat dan lekas sembuh,” tutupnya.

Kontak Erat Berkurang 16 Orang

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Purwakarta melansir, terjadi pengurangan pada warga yang berstatus kontak erat sebanyak 16 orang. Kini, jumlah kontak erat menyisakan 39 orang, sementara konfirmasi positif masih tetap 8 orang.
Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan, Rabu (5/8).
Sementara, secara kumulatif lanjut dr Deni, jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayah Kabupaten Purwakarta sebanyak 62 orang. “Secara keseluruhan, telah dinyatakan sembuh sebanyak 52 orang. Sebelumnya, kami catat juga ada 2 orang positif telah meninggal dunia, dan hari ini, masih terdapat 8 orang yang berstatus terkonfirmasi positif,” ujarnya, Rabu (5/8).
Gugus Tugas juga tak henti-hentinya terus melakukan sosialisasi agar warga mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi ini masih belum selesai. “Data lainnya juga kami sampaikan, untuk Suspek bertambah 1 orang, kini jumlahnya menjadi 5 orang dan jumlah Probable nihil,” tuturnya.
Ia juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini.
Langkah-langkah yang dilakukan Dinkes Purwakarta untuk menghadapi situasi ini, dr Deni menyebutkan, melalui pelacakan yang efektif, pelaksanaan manajemen klinis sesuai Permenkes nomor 413 tahun 2020, dan berkoordinasi dengan tim Covid-19 pusat juga provinsi.
Dia meminta masyarakat untuk tetap melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap altivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.(mas/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *