Indonesia Dalam Pantauan Resesi Ekonomi Global

0 Komentar

Conrohnya, dalam insentif bantuan sosial (bansos) pemerintah daerah perlu didorong untuk mengupdate data penerima pada sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ini dikarenakan masih belum banyak daerah yang mengisi DTKS dengan baik. Padahal, ketepatan penyaluran bansos akan mempengaruhi penyaluran bansos yang muara besarnya mencegah konsumsi rumah tangga melambat lebih dalam. Selain itu, belajar dari penyaluran insentif pajak yang belum maksimal, sosialisasi masif terhadap pelaku usaha untuk memanfaatkan insentif ini perlu digalakkan pemerintah, khususnya insentif pajak bagi sektor manufaktur.

Momentum Maksimalkan peran dan Fungsi UMKM

Umumnya, sektor usaha menengah mengalami kesulitan arus kas (cash flow), sehingga membutuhkan keringanan untuk membayar pajak, listrik, hingga membayar BPJS Ketenagakerjaan, peran Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional harus memprioritaskan usaha yang masih berjalan jangan sampai tutup, agar tenaga kerjanya tidak di-PHK,.
Data tahun 2017 dari Kementerian Koperasi dan UMKM menunjukkan sektor UMKM menyerap tenaga kerja hingga 97%, sekaligus penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60%. Hal ini jika dimaksimalkan dengan baik mampu membantu upaya pemerintah dalam stimulus ekonomi nasional, kebijakan atau bantuan yg bersifat pendanaan, stimulus anggaran untuk para pelaku Umkm sangat dibutuhkan dalam kondisi ini, agar biaya produksi mereka dapat dibantu dan tidak tersendat aktivitasnya yg kemudian bisa berdampak kepada energi positif bagi PDB secara nasional.
Jumlah UMKM yang tersebar di Indonesia sebanyak 62,9 juta unit yang meliputi perdagangan, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, pertambangan, pengolahan, bangunan, komunikasi, hotel, restoran dan jasa-jasa. Ini jika dimaksimalkan mampu mencegah kontraksi ekonomi secara nasional lebih dalam, solusi seperti pembiayaan kredit tanpa jaminan perlu pentingnya pemerintah pikirkan dan sektor umkm ini perlu menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam upaya PEN, jadi jangan sampai luka lama Para pelaku Umkm merasa di abaikan/unpriority tidak lagi terjadi. (*)

Laman:

1 2
0 Komentar