oleh

Masa Hukuman 286 Napi Dikurangi

Tidak Ada Penerima Remisi Langsung Bebas

PURWAKARTA-Sebanyak 286 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta menerima pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8).
Surat keputusan remisi diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Purwakarta H. Aming bersama Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta Rino Soleh Sumitro kepada perwakilan WBP.
“Hari ini ada 286 narapidana dan anak yang mendapatkan remisi kemerdekaan,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta Rino Soleh Sumitro melalui keterangan tertulisnya, Senin (17/8).
Baca juga: 
Rino menjelaskan, 286 WBP mendapatkan remisi bervariasi, mulai 1 bulan sampai 6 bulan. Rinciannya 27 orang mendapatkan remisi 1 bulan, 48 remisi 2 bulan, 89 remisi 3 bulan, 58 remisi 4 bulan, 53 remisi 5 bulan dan 5 orang mendapatkan remisi 6 bulan.
“Ini untuk Remisi Umum (RU 1) masih menjalani pidana dengan total 280 narapidana yang mendapatkan remisi,” ujar Rino.
Kemudian, sambungnya, ada 6 WBP yang mendapatkan Remisi Umum (RU II), namun masih menjalani subsider, yaitu 1 orang mendapatkan remisi 4 bulan dan 5 orang mendapatkan remisi 5 bulan.
Adapun untuk remisi pada peringatan HUT Ke-75 RI ini, Rino menyampaikan tidak ada narapida penerima remisi yang langsung bebas setelah dipotong masa remisi.
“Kalau narapidana yang bebas pada Hari Kemerdekaan ini tidak ada karena sudah banyak dibebaskan melalui program asimilasi sehubungan dengan pandemi Covid-19,” katanya menjelaskan.
Pelaksanaan pemberian Remisi Umum bagi WBP kali ini diikuti oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan baik pada tingkat pusat maupun wilayah yang dilaksanakan secara serentak melalui virtual aplikasi zoom yang dipusatkan di Lapas Kelas IIA Mataram Nusa Tenggara Barat.
Di Lapas Purwakarta sendiri dilaksanakan di Aula Dr. Sahardjo Lapas Kelas IIB Purwakarta yang dihadiri Wakil Bupati Purwakarta H. Aming, Forkopimda Purwakarta dan pejabat serta pegawai Lapas Kelas IIB Purwakarta.(add/ysp)

Waktu Remisi Umum bagi 280 Napi

– 27 orang remisi 1 bulan
– 48 remisi 2 bulan
– 89 remisi 3 bulan
– 58 remisi 4 bulan
– 53 remisi 5 bulan
– 5 orang mendapatkan remisi 6 bulan

Waktu Remisi Umum II bagi 6 Napi

– 1 orang mremisi 4 bulan
– 5 orang mendapatkan remisi 5 bulan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *