oleh

Suara Pemekaran Subang Utara Menggeliat

SUBANG-Suara-suara pemekaran Kabupaten Subang Utara terus bergeliat dalam beberapa pekan terakhir ini. Sebelumnya, Forum Pemekaran Pantura Subang (FP2S) getol beraudiensi dengan Anggota DPRD Subang baik formal maupun non formal. Kini, ramai ada anak muda yang mendatangi Ketua Partai NasDem Subang Eep Hidayat menagih janji soal deklarasi pemekaran 2018 lalu di Desa Kebondanas.
Terbaru, Ketua Partai Nasdem Subang, melakukan silaturahmi dengan Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum, tokoh Subang yang juga Rektor salah satu Universitas di Padang, merespon kedatangan anak muda dari Pantura Subang. Dalam dialog di kediaman Akademisi Hukum Tata Negara itu, didiskusikan soal pentingnya pemekaran Kabupaten Subang Utara.
Banyak hal yang dibahas dalam dialog tersebut, namun sisi yang lebih mengemuka yakni pemekaran lebih mendekatkan warga pada akses pelayanan dari Pemda dan dari sisi anggaran pembangunan, akan meningkatkan anggaran kabupaten induk dan Daerah Otonom Baru (DOB), sehingga akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada kedua daerah.
Baca juga: FP2S Akui Inisiasi Pemasangan Spanduk CDOB Subang Utara
Dalam keterangan yang diterima Pasundan Ekspres, Dr Otong Rosadi yang berasal dari Pamanukan memberikan contoh kisah sukses daerah pemekaran di Sumatera Barat, tempatnya berdinas. “Ada daerah di Sumbar yang setelah dimekarkan itu bisa sukses, Subang Utara juga bisa seperti itu,” kata Dr Otong.

Terus mendukung dan mendorong

Ia juga mengaku akan terus mendukung dan mendorong agar Subang Utara bisa mekar menjadi Kabupaten yang mandiri. “Saya siap mendukung dan mendorong pemekaran Subang Utara,” ucapnya.
Sementara Mang Eep dengan mengambil contoh Jawa Timur yang jauh lebih besar menyerap anggaran pembangunan dari pemerintah, disebabkan jumlah kabupaten/kota yang jauh lebih banyak dari Jawa Barat. Walaupun jumlah penduduknya jauh lebih sedikit.
“Namun kita perlu melakukan diskusi lebih lebar yang melibatkan masyarakat Kabupaten Subang bagian utara dengan masyarakat Kabupaten Subang secara keseluruhan, termasuk masyarakat yang berada di Kabupaten Subang bagian selatan. Jangan sampai ada anggapan bahwa pemekaran hanya akan meningkatkan Kabupaten Subang Utara, padahal justru akan mensejahterakan masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

dukungan penuh Partai NasDem untuk segera melakukan Kajian Pemekaran 

Selain itu, Mang Eep kembali menegaskan dukungan penuh Partai NasDem untuk segera melakukan Kajian Pemekaran Subang Utara, “apabila Pemkab Subang tidak menganggarkan dan atau menganggarkan tetapi tidak mencukupi, maka Partai NasDem akan menggunakan aspirasi DPRD untuk kegiatan kajian pemekaran Kabupaten Subang,” tandas mang Eep.
Sementara itu, Ketua FP2S Sudihartono menyebut, selain dengan Fraksi Gerindra, FP2S juga telah bertemu secara nonformal dengan salah satu anggota DPRD Subang dari Fraksi PKB yakni Sahroni. “Pada pertemuan tersebut intinya sama, mendukung soal pemekaran Subang Utara,” jelasnya.
Meski getol melakukan safari politik mencari dukungan pemekaran Subang Utara, Namun Sudi menyebut, FP2S sama sekali tak terikat dengan Partai Politik manapun. “Kita bergerak bersama masyarakat dengan mengikuti cara-cara prosedural,”, jelasnya.(ygi/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *