oleh

Kejari Purwakarta Pulihkan Rp41 Miliar Uang Negara

PURWAKARTA-Jabatan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara atau Kasidatun Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta diserahterimakan dari Dodi Wiraatmaja kepada Prasetyo Budi Utoyo, Senin (31/8).
Bertempat di Aula Kejari Purwakarta, sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Purwakarta Andin Adhyaksantoro dan dihadiri para kasi, pegawai, serta honorer di lingkungan Kejari Purwakarta.
Diketahui, Dodi pindah tugas menjabat sebagai Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Pancur Batu, Kejaksaan Negeri Deli Serdang, Sumatera Utara. Adapun Prasetyo Budi Utoyo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus atau Kasipidsus Kejari Karawang.
Setahun menjabat sebagai Kasidatun, Dodi memiliki catatan apik. Dirinya bersama tim, berhasil melakukan pemulihan keuangan negara dari 2019 hingga 2020 sebesar Rp41.826.017.223.
Kepala Kejaksaan Negeri Purwakarta, Andin Adyaksantoro mengatakan rotasi atau pergantian merupakan hal biasa untuk meningkatkan produktivitas kerja. Ini juga dilaksanakan sesuai dengan arahan dan instruksi Jaksa Agung.
“Pergantian jabatan guna menciptakan suasana baru. Harapannya dapat meningkatkan kinerja para pegawai di Korps Adyaksa,” kata Andin di sela pelaksanaan sertijab.
Andin juga menyampaikan apresiasinya kepada Dodi Wiraatmaja atas pencapaian kinerja selama menjabat Kasidatun. Di antaranya berdasarkan Surat Kuasa Khusus (SKK), mewakili pihak BPJS Kesehatan, Datun Purwakarta melakukan gugatan kepada PT Ratu Kencana dengan nilai Rp1.109.384.147.
Bidang Datun Kejari Purwakarta juga berhasil melakukan penyelamatan aset Pemkab Purwakarta seperti fasos dan fasum, memberikan pendampingan hukum dalam refocusing anggaran Covid-19 dari sejumlah OPD Pemkab Purwakarta.
Termasuk, memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat yang terdampak proyek KCIC dan sejumlah capaian kinerja lainnya, baik dengan pihak OPD, BUMN, BUMD dan masyarakat yang ada di Purwakarta.
Berdasarkan catatan, tambah Andin, setidaknya sudah ada 120 surat kuasa khusus (SKK) dan sembilan kegiatan dengan sejumlah OPD, BUMN dan perusahaan yang menjadi mitra dari Datun Kejari Purwakarta.
“Terima kasih kepada Dodi Wiraatmaja atas pecapaian kinerjanya, semoga di tempat tugas yang baru bisa terus menoreh kinerja yang baik,” ucap Andin.
Andin juga mengucapkan selamat datang kepada Kasidatun yang baru Prasetyo Budi Utoyo. “Selamat bertugas di Purwakarta. Segera beradaptasi dan berkoordinasi serta menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” kata Andin.
Sementara itu, Dodi Wiraatmaja mengucapkan terima kasih Andin Adyaksantoro selaku orang nomor satu di Kejaksaan Negeri Purwakarta. “Terima kasih Pak Andin atas bimbingannya selama ini kepada saya. Kepada seluruh keluarga besar Kejaksaan Negeri Purwakarta saya juga mohon maaf jika selama bertugas di sini ada perilaku saya yang kurang pas,” ucap Dodi.(add/ysp)
Rincian Pemulihan Keuangan Negara oleh Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Purwakarta
1. BPJAMSOSTEK (tunggakan iuran badan usaha) Rp2.829.557.169,
2. BPJS Kesehatan Rp4.345.759.137,
3. PDAM Rp29.150.200.
4. PT PNM Rp85.039.600, Dinas Bina Marga (dari TGR) Rp554.500.374,
5. Bapenda (penarikan Pajak Bumi Bangunan) Rp652.042.943,
6. Dinas Bina Marga (ganti rugi ruas jalan yang terdampak proyek KCIC) Rp15.061.968.000.
7. Distarkim (aset fasos fasum) Rp18.200.000.000
8. PT PLN (penagihan dua badan usaha) sebesar Rp68.000.000.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *