oleh

Bangun SDM Bidang IT dan Telekomunikasi, Diprediksi Banyak Berdiri Perusahaan High Technology

SUBANG-Kabupaten Subang diharapkan dapat merespon dan membangun sumberdaya manusia yang berbasis IT, Telekomunikasi dan Automasi. Hal ini diutarakan oleh Ketua Biro Teknologi Karang Taruna Kabupaten Subang Huban Kabir S.T M.T ketika dihubungi Pasundan Ekspres, Rabu (2/9).
Huban mengatakan, saat ini sebagaimana diketahui di Subang tengah dibangun Pelabuhan Patimban dengan penggunaan teknologi yang canggih. Selain itu, di Subang juga segera dibangun zona industri baru. “Memang penyiapan SDM ini harus jadi perhatian Kabupaten Subang, masih banyak PR yang harus dilakukan,” ucap Huban.
Ia mencontohkan, keberadaan Perusahaan asal Taiwan yang Bergerak di bidang Original Design Manufacturer (ODM) dan Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk produk high end audio systems dan loud speakers menjadi sebuah Peluang. “Balai Latihan Kerja harus punya road map, kapan pabrik itu mulai dibuka, SDM nya harus dipersiapkan. Apa yang dibutuhkan kaitanya juga dengan SDM dalam bidang IT dan Teknologi. Jadi, jangan sampai pabrik mau beroperasi, tapi SDM kita masih minim yang jadi tenaga ahli,” ucap Huban.
Selain itu, Subang juga diprediksi akan banyak berdiri perusahaan high technology. Dengan begitu, kesempatan bekerja menjadi sangat terbuka. “Tapi dengan catatan soal SDM ini benar-benar harus dibenahi,” ucapnya.
Selain itu, Huban juga menyebut infrastruktur di Subang juga masih sangat terbatas. Seperti masih banyaknya blank spot atau daerah daerah yang kesulitan dengan akses jaringan internet. “Ini harus jadi bahan pemikiran juga penyiapan infrastruktur itu. Sebagus apapun gadget atau media yang kita punya jaringannya tidak ada ya tidak akan berguna,” ucapnya.
Huban menyampaikan, sebagai salah satu praktisi dalam bidang IT, Telekomunikasi dan Automasi, yang sudah berkeliling Indonesia dan kenyang pengalaman. Wadah-wadah dalam pengembangan SDM di Subang harus dibentuk dan melibatkan kerjasama berbagai pihak. “Tentu mulai dari dunia pendidikan, dunia kedinasan serta perusahaan terkait. Ini untuk menunjang agar warga Subang benar benar bisa terlibat dan tak hanya jadi penonton,” ungkap Huban.
Termasuk kata Huban, wadah Karang Taruna sebagai organisasi yang ada secara menyeluruh ditiap desa serta berdampingan dengan Pemerintah bisa menjadi salah satu jalan untuk ikut andil dalam membentuk SDM-SDM tersebut. “Mindsetnya harus kita ubah, Karang Taruna juta bisa menjadi wadah pembinaan generasi dan SDM yang mumpuni,” tutupnya.(ygi/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *