oleh

Waspada Covid-19 di Pengungsian, Ini Kata Profesor Agar Tidak Tertular

Dampak dari bencana alam bukan hanya terhadap bangunan secara fisik, namun yang perlu di waspadai adalah kemungkinan mewabahnya pemularan penyakit ditempat evakuasi.

Selain harus berhati-hati terhadap kemungkinan adanya keracunan makanan, juga harus diwaspadai adanya penyebaran Virus korona dilokasi pengungsian.

Dilansir dari NHK Word, setelah gempa dan tsunami 2011 Profesor Kaku Mitsuo dari Universitas Kedokteran dan Farmasi Tohoku menyusun sebuah daftar pedoman bagi keracunan makanan dan penyakit menular lainnya.

Dia mengatakan pedoman yang sama dapat diterapkan bagi penyebaran virus korona. penggunaan masker sangat diperlukan oleh pengungsi guna mencegah penyebaran wabah virus corona di tempat pemgungsian, sehingga tidak terjadi Cluster baru.

“Jika seorang pengungsi demam, merasa mual, sakit tenggorokan, atau gejala mirip flu lainnya, orang tersebut tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan pekerja layanan kesehatan atau siapa pun yang bertanggung jawab di pengungsian itu,”katanya.

sementara itu, di tempat evakuasi pengungsi sebaiknya makan makanan yang bersih dan telah dihangatkan, menggunakan peralatan makanan yang bersih, meminum air bersih dan mencuci tangan sebelum makan.(eko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *