Persiapkan Keahlian Untuk Warga Binaan, Bapas Aktif Jalin Kerjasama

Persiapkan Keahlian Untuk Warga Binaan, Bapas Aktif Jalin Kerjasama
0 Komentar

SUBANG -Balai Pemasyarakatan (Bapas) aktif melakukan berbabagai kerjasama dengan berbagai pihak. Terbaru, Bapas menggandeng UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Subang dan Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Sumedang.

Selain itu, Bapas juga bekerjasama dengan pelaku UMKM bidang otomotif dan UMKM bidang makanan ringan. Bapas menggandeng UPTD BLK untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian klien pemasyarakatan. Mereka adalah orang yang sedang dalam bimbingan Bapas seperti sedang menjalani asimilasi, cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat. Mereka akan mendapat pelatihan pelatihan Instalasi Listrik dan pembuatan paving blok. Kerjasama dengan BNNK berupa kegiatan paska rehabilitasi seperti seminar, peer group hingga konseling.

Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Subang Tendi Kustendi mengatakan, menggandeng UPTD BLK Kabupaten Subang untuk kegiatan Kemandirian. Tercatat ada 40 orang yang akan mendapat pelatihan instalasi listrik dan embuatan paving blok.

Baca Juga:Lapas Ajak Perusahaan Latih Skill Warga BinaanLongsor dan Pohon Tumbang Mengancam di Musim Hujan

Tendi menyampaikan, kerjasama yang dilakukan dengan UPTD BLK tersebut agar klien pemasyarkatan setelah dinyatakan bebas penuh bisa memiliki keahlian. Diharapkan mereka bisa bekerja ataupun berwiraswasta.

“Nantinya bisa digunakan untuk bekerja ataupun berwirausaha,” katanya.

Kepala Sub Bagian UPTD BLK Kabupaten Subang Ucu Kuswandi mengatakan, dalam kerjasama dengan pihak Bapas Kelas II Subang tersebut akan menyedikan instruktur dan peralatan guna pelatihan instalasi listrik danpaving blok. “Kita yang siapkan alat dan juga instrukturnya,” katanya.

Ucu menyampaikan, sebelumnya pihak Lapas Subang juga bekerjasama dengan BLK. Sejauh ini tidak ada kendala dalam memberikan pelatihan kepada narapidana.

Kepala Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Sumedang AKBP Hery Sudrajat mengatakan, kerjasama dengan Bapas Kelas II Subang untuk memberikan seminar, konseling terhadap klien pemsyarakatan yang terpidana karena narkotika.

“Karena di Subang belum ada BNNK maka masih menginduk ke BNNK Sumedang. Kita berikan edukasi, konseling dan lainnya untuk terpidana narkotika,” katanya.(ygo/ysp)

0 Komentar