Musim Penghujan, Musim yang Sarat Pembelajaran

Musim Penghujan, Musim yang Sarat Pembelajaran
0 Komentar

Putus asa kah kita dengan kendala tersebut? Apakah musim penghujan menjadi sebuah penghambat dalam pembelajaran? Tentu saja tidak, jika guru disertai kolaborasi dengan orang tua mampu menjadikan musim penghujan ini sebagai musim yang sarat dengan pembelajaran, terutama di masa pandemi. Pembelajaran apa saja yang dapat dipelajari ? Mari kita coba ulas satu persatu.

1.Mengasah rasa syukur
Sebagaimana yang tertera dalam silabus kurikulum 2013, kompetensi inti yang pertama adalah aspek spiritual, dimana kompetensi yang diharapkan adakah siswa mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Agama selalu mengajarkan kebaikan. Salah satu ajaran yang harus diamalkan oleh siswa adalah rasa syukur atas segala yang diberikan oleh Sang maha pencipta. Oleh karena itu, musim hujan adalah saatnya mengasah rasa syukur siswa. Syukur adalah implementasi dari iman dimana kita selalu memanfaatkan pemberian Allah untuk tujuan kebaikan dimanapun saja termasuk pada kondisi musim hujan maupun kemarau.

Guru dapat memberikan lembar kerja atau
lembar evaluasi dimana siswa mengisi dengan berbagai aktifitas sebagai bentuk dari rasa syukur tadi. Tentu saja keterlibatan dengan orang tua sangat dibutuhkan

Baca Juga:BPJAMSOSTEK Salurkan Santunan Rp84 Juta ke ahli waris Guru PAUDMasa Pandemi Membuat Orang tua, Murid dan Guru Kesulitan

2. Mengasah kepedulian Lingkungan Sekitar
Kompetensi inti yang kedua dalam kurikulum 2013, mengharapkan siswa dapat terasah jiwa sosialnya. Tentu kita sebagai pendidik sangat bangga dan bahagia jika mereka mampu menjadi bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sebagaimana yang telah diamanahkan oleh kurikulum.

Salah satu kompetesinya adalah terbangunnya rasa tanggung jawab dan peduli. Maka saat musim hujan adalah saat tepat membangun kesadaran agar peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungannya. Mulai dari membersihkan segala macam benda yang bisa menampung air dan akan menjadi tempat bersarang nyamuk, membersihkan selokan depan rumah, serta

3. Mengenal lebih dalam tentang hujan
Hujan adalah salah satu fenomena geosfer yang dikaji dalam ilmu geografi. Materi ini diajarkan di kelas sepuluh semester dua, dan terdapat di dua kompetensi dasar. Dinamika atmosfer dan dinamika hidrosfer, dua kompetensi dimana di dalamnya ada materi tentang hujan.

0 Komentar