oleh

Duarrr….! Kilang Minyak Pertamina Balongan Meledak, Api Membumbung Tinggi

INDRAMAYU-Ledakan hebat terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pukul 00.30 tadi.

Tak lama muncul kobaran api yang sangat besar. Sejumlah warga membagikan foto-foto dan video kejadian tersebut.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non-BBM dan Petrokimia.

Kilang minyak yang mulai beroperasi pada 1994 berjarak 200 km arah timur Jakarta. Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer. “Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, dikutip dari Antara, Senin.

Warga lainnya, Dedi menuturkan hal yang sama. Ia bercerita bahwa kawasan kilang minyak Pertamina tersebut sempat mengeluarkan suara cukup keras sebelum api berkobar begitu hebat. “Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata dia.

Kabid Damkar Indramayu, Joni Takarasel mengatakan kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Joni mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah kilang minyak yang terbakar. Sebab, dirinya saat ini masih berada di luar area Pertamina Balongan yang terbakar.

“Sebetulnya saya tidak tahu, tapi kalau dilihat dari luar cuma satu. Penyebabnya belum, artinya kita tidak mau berandai-andainya, untuk penyebabnya nanti setelah penyemprotan, kemudian pendinginan baru kita investigasi,” katanya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.