Harga Cabai Semakin Pedas, Islam Punya Solusinya

Harga Cabai Semakin Pedas, Islam Punya Solusinya
0 Komentar

Mengimpor barang memang merupakan cara tercepat untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Tetapi jika kebijakan impor ini terus dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi para petani dalam negeri. Di mana hasil produksi yang tidak bisa disamakan dengan hasil impor.

Selain itu impor bahan pangan akan melemahkan harga jual yang dibuat oleh para petani lokal. Hal ini akan sangat berbahaya, karena akan melemahkan sektor pertanian dalam negeri bahkan hingga mematikan perekonomian para petani lokal.

Kondisi ini juga diperparah dengan adanya sistem pasar bebas, di mana didalam sistem ini peran negara tidak begitu dibutuhkan dalam aspek distribusi pangan. Sehingga menimbulkan banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengambil keuntungan disaat seperti ini. Seperti para penimbun barang langka lalu mereka menjual barang tersebut dengan harga yang sangat mahal hingga berkali lipat.

Baca Juga:Jaminan Pendidikan Dalam IslamBadut Jalanan, Sebuah Pilihan Hidup di Sistem yang Serba Sulit

Inilah yang terjadi jika sistem ekonomi kapitalis liberal diterapkan. Dalam sistem ini, peran negara sangat sedikit dalam mengurusi kebutuhan rakyat. Negara hanya berperan sebagai pembuat aturan dan pemberi fasilitas. Sementara pemenuhan kebutuhan rakyat diserahkan kepada korporasi/perusahaan, yang berakibat segala aspek pangan mulai dari produksi hingga konsumsi dikuasai oleh perusahaan/korporasi. Alhasil kedaulatan pangan pun tak bisa terwujud dalam sistem ini.

Kedaulatan pangan ini hanya bisa diwujudkan dan diterapkan dalam sistem Islam, yang dimana dalam sistem ini memiliki mekanisme agar kedaulatan pangan bisa tercapai dan negara terbebas dari ketergantungan impor.

Dalam sistem Islam negara menjamin berjalannya proses produksi agar stok bahan pangan tetap terkendali. Salah satunya dengan mendukung penuh upaya yang dilakukan para petani.

Mulai dari memberikan akses mudah untuk mendapatkan bibit yang unggul, kemudian memberikan teknologi pertanian yang terbaru, memberikan bantuan subsidi kepada para petani yang kurang mampu, membangun infrastruktur pertanian hingga mengadakan riset penelitian atau seminar-seminar yang menambah wawasan para petani.

Semua aspek di atas pasti sangat memudahkan dan membantu para petani agar lebih maju dan berkembang.

Selain itu juga dalam sistem Islam negara tidak lepas tangan dalam proses distribusi bahan pangan, negara tetap mengawasi aktivitas pasar agar berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai macam kecurangan dan penimbunan barang. Yang dimana dua hal ini pasti akan merusak kestabilan harga pasar dan proses distribusi bahan pangan.

0 Komentar