Pertamina Indramayu Balongan Meledak, Penyebabnya Masih Proses Investigasi

Pertamina Balongan Indramayu Meledak
0 Komentar

Penyebab Meledaknya Pertamina Balongan Indramayu Masih Proses Investigasi

Pertamina Indramayu Balongan Meledak, paska insiden yang menyebabkan kebakaran pada tangki T-301G. Tim HSSE Kilang Pertamina Balongan bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, fokus melakukan pemadaman api. Di area tangki kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Adapun penyebab kilang Balongan terbakar belum dapat dipastikan, dan masih dalam proses investigasi oleh pihak yang berwenang.

Saat ini pihak Pertamina Balongan tengah melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran. Dampak dari Pertamina Indramayu Balongan Meledak.

Baca Juga:Senin Besok Hadapi Persita, Robert Buka Kesempatan Anak Asuhnya Tampil Merumput30 DPC PKS Subang Dilantik, Agus: Tidak Ada Dua Matahari

Pertamina Indramayu telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian, sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Pertamina Indramayu meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar, langsung merujuknya ke RSUD Indramayu. Pihak kepolisian sudah melakukan pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, bersama TNI.

Pasokan BBM Tetap Aman

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non-BBM dan Petrokimia.

Kilang minyak yang mulai beroperasi pada 1994 berjarak 200 km arah timur Jakarta. Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer. “Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, mengutip dari Antara, Senin.

Kesaksian Warga Balongan Indramayu

Warga lainnya, Dedi menuturkan hal yang sama. Ia bercerita bahwa kawasan kilang minyak Pertamina tersebut sempat mengeluarkan suara cukup keras sebelum api berkobar begitu hebat. “Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata dia.

0 Komentar