Siram Rohani Muslimat NU dengan Pengajian Kitab Kuning

Muslimat NU
DADAN RAMDAN/ PASUNDAN EKSPRES PENGAJIAN RUTIN: Jamaah pengajian muslimat NU Kabupaten Subang saat mengikuti pengajian rutin Sabtu-an, Sabtu (27/3).
0 Komentar

SUBANG-PC Muslimat NU Kabupaten Subang menyelenggarakan pengajian rutin setiap Sabtu, bagi muslimat NU di Kabupaten Subang. Ketua PC Muslimat Kabupaten Subang Hj. Iis Salamah menyampaikan, pengajian rutin Sabtu-an itu diwajibkan bagi pengurus PAC Muslimat yang ada di kecamatan untuk hadir, mengaji kitab kuning yang disampaikan oleh kiayi sebagai narasumber.

“Kita ingin muslimat NU Subang lebih mendalam memahami aqoidah, tauhid maupun fiqih yang ada di dalam kitab kuning seperti Nashoihul Ibad dan Sapinah, yang menjelaskan soal bab fiqih,” katanya usai pengajian di Gedung PC NU Subang, Sabtu (27/3).

Dengan pengajian rutin itupun, tali silaturahmi antar muslimat lebih erat lagi. Sehingga komunikasi akan terus terbangun dengan baik. Selain itu, pendalaman pengetahuan ilmu tauhid, fiqih dan tasawuf. Sehingga bila warga nahdliyat dan muslimat NU mempertanyakan tentang sesuatu hal, maka pengurus muslimat NU dengan kerjasama dengan pengurus MWC NU mampu menjelaskan persoalan itu sesuai dasar hukum Al Quran dan Hadits serta penjelasan para ulama dan fuqoha yang dikenal dengan ijma dan qiyas.

Baca Juga:Pemuda Muhammadiyah Subang Ikuti Bimbingan Pemulasaran JenazahPaska Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Pastikan Pasokan BBM tetap Aman

Dengan demikian, pandangan persoalan  furuiyyah dan amaliyah warga nahdliyyin tidak kabur dan jelas tertuang dalam keterangan-keterangan dalam kitab kuning tersebut sesuai dengan bab-bab nya.

Ketua PC NU Kabupaten Subang KH. Satibi menyampaikan apresiasinya kepada pengurus PC Muslimat NU yang telah menggagas pengajian kitab kuning Sabtu-an secara rutin. Dengan begitu harokah ke NU-annya berjalan. Bila harokah berjalan, fiqroh dan amaliyahnya secara otomatis akan menyatu di dalamnya. Sehingga syiae ajaran islam ahlus sunnah wal jamaah annahdliyyah jelas tersampaikan kepada umat.(dan/ysp)

0 Komentar