SDN Setramanah Optimis Raih Adiwiyata

SDN Setramanah Optimis Raih Adiwiyata
0 Komentar

SUBANG-SDN Setramanah optimis meraih Adiwiyata tingkat kabupaten tahun 2021. Persiapan terus dilakukan agar mendapat hasil sesuai yang diharapkan.
Kepala SDN Setramanah Engkos, SPd MM menyampaikan, persiapan yang sudah dilakukan mencapai 80 persen. Saat ini tinggal menunggu kedatangan dari tim penilai yang direncanakan bulan April.
“Dengan persiapan yang dilakukan Insya Allah SDN Setramanah menjadi sekolah Adiwiyata,” jelasnya di temui di SDN Setramanah di Jalan Raya Parung No 12 Kelurahan Parung, Rabu (31/3).
Engkos menjelaskan, Adiwiyata merupakan penghargaan untuk sekolah yang secara konsisten melakukan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).
“Pada kesempatan ini SDN Setramanah didaulat oleh Korwil Kecamatan Subang pada tahun 2021 untuk maju menjadi calon sekolah Adiwiyata,” ujarnya.
Menurutnya ada tiga komponen yang harus dilakukan berkaitan dengan PBLHS, antara lain perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan. Semuanya harus dilakukan dengan baik secara konsisten oleh warga sekolah.
“Upaya sekolah adalah konsisten dalam menjalankan PBLHS, maka SDN Setramanah mengintegrasikan program PBLHS pada dokumen KTSP baik dalam visi misi dan tujuan. Selain itu juga SDN Setramanah mengintegrasikan program PBLHS dalam rencana pelaksanaan pembelajaran,” jelasnya.
Engkos menjelaskan, upaya menuju sekolah Adiwayata ini juga selaras dengan motto SDN Setramanah yakni Resik (Rapih, Endah, Sehat, Idaman, Kameumeut tur hejo).
Kesiapan SDN Setramanah menuju sekolah Adiwiyata ini tidak terlepas dari peran dari Korwil Kecamatan, Pengawas, guru-guru, orang tua dan masyarakat, termasuk para kepala sekolah di gugus 1.
Pengawas Gugus 1 Kecamatan Subang, Hj Ining Kurnianingsih SPd MMPd menyampaikan, penunjukan SDN Setramanah untuk maju sebagai sekolah Adiwiyata dikarenakan antusias kepala sekolah yang ingin terus membangun. “Saya dukung dan terus motivasi untuk terus membangun,” ujarnya.
Dia mengatakan, SDN Setramanah layak untuk mengikuti program Adiwiyata mengingat lingkungan sekolah yang menunjang.
“Saya mendukung sepenuhnya dan bimbing serta memberikan dukungan moril dan materil,” katanya.(ysp)
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES
KOMPAK: Pengawas Gugus 1 Kecamatan Subang, Hj Ining Kurnianingsih SPd MMPd bersama dengan Kepala SDN Setramanah Engkos SPd MM menata tanaman di Green House, Rabu (31/3).

0 Komentar