Memaknai Survey Kecil untuk Keberlangsungan Program Studi (Bagian 3/habis)

Memaknai Survey Kecil untuk Keberlangsungan Program Studi (Bagian 3/habis)
0 Komentar

Pemanfaatan ilmu geografi perlu diperkenalkan secara luas kepada masyarakat agar mereka tahu tentang manfaat ilmu kebumian. Cara geografi UMS membumikan ilmu geografi melalui program unggulan dalam bentuk integrasi mata kuliah terapan atau mata kuliah lanjut kedalam kegiatan pengabdian pada masyarakat . Kegiatan ini sudah berjalan 5 tahun lebih. Tiap kelompok mahasiswa yang terdiri dari 5-7 mhs wajib membuat dan menyerahkan peta citra desa ke desa asal mhs terpilih sebanyak 2 buah kemudian mereka diberi apresiasi nilai A untuk mata kuliah tersebut. Kegiatan ini melatih ketrampilan membuat peta citra dan sekaligus mengabdi tanpa pamrih. Telah diserahkan 150 peta citra desa kepada 75 desa di Jateng dan Jatim. Bea pembuatan peta dibebankan pada kelompok mahasiswa dengan patungan, bea peta citra desa per desa berkisar 2,5 juta sampai 5 juta rupiah (menggunakan drone).

Model kegiatan integrasi ini diharapkan masyarakat di desa masing masing bisa mengenal Fakultas Geografi UMS secara khusus dan karya mahasiswanya dalam bentuk peta citra desanya. Model membumikan geografi yang telah dan terus dilakukan adalah dalam bentuk kunjungan atau road show ke SMA dan MGMP Geografi ke seluruh Jawa dan Nasional dengan memberikan ilmu yang terkait dengan geografi :1. pengenalan aplikasi penginderaan jauh dan system informasi geografis untuk pembelajaran geografi di SMA, 2. Aplikasi drone untuk pemetaan obyek geografi, 3. Trik menulis karya di bidang geografi dll.

Semua kegiatan harus direncanakan dengan basis problem program studi, dan semua yang telah diprogramkan harus dilaksanakan dan seterusnya diadakan evaluasi program. Tulis yang sudah diprogramkan dan publish yang telah dilaksanakan kedalam media ilmiah maupun popular agar masyarakat tahu kiprah geografi. Majulah atmosfer akademik, alumni, publikasi dan prodinya.

Laman:

1 2
0 Komentar