Mudik Dilarang Lagi

Mudik Dilarang Lagi
Mudik Dilarang Lagi
0 Komentar

Bagaiaman kalau mudiknya  sebelum tanggal 6 Mei dan baliknya setelah 17 Mei ? Nah, mungkin bagi pegawai swasta dan tidak terikat ini masih bisa jadi celah untuk bisa mudik. Tidak sedikit terminal, pelabuhan, stasiun sudah mulai melonjak karena banyak pemudik yang curi start. Disisi lain berdasarkan aturan pemerintah tadi bahwa larangan hanya berlaku antara tanggal 6-17 Mei 2021. Tentu semua orang faham bahwa larangan ini bertujuan baik demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang mana di masa sekarang dalam program suksesi vaksinasi sehingga kalau mudik dibebaskan maka program pemerintah akan sia-sia. Tentunya sekalipun kepada masyarakat yang bisa mudik harus tetap menjaga dan menjalankan protokol Kesehatan, jangan sampai mudik membawa petaka menjadi penyebab munculnya kluster-kluster baru. Orang kampung yang biasanya aman dan damai dari gangguan virus corona, eh ternyata dengan hadirnya para pemudik ini malah ada yang terpapar.

Tahun sebelumnya muncul bahwa ada kata-kata “Tidak harus mudik cukup di rumah saja, silaturahmi bisa melalui video call dan sambungan telepon”  mungkin tahun kedua ini kata-kata tersebut akan berbeda maknanya ketika  bersabar 1 tahun menunggu, tapi ternyata tahun ini kembali di larang, apalagi sebagaian besar perantau hanya memiliki kesempatan libur atau tidak kerja di musim mudik lebaran. Rindu yang memuncak tak terbendung terkadang tidak bisa diwakilkan oleh media apapun mengharuskan ada pertemuan fisik agar ikatan ini semakin kuat dan erat. Tidak ada yang salah dengan tradisi mudik bahwa selama tujuannya kebaikan namun hanya saja wabah ini yang menjadi masalah bersama.

Pada akhirnya bagi yang tidak bisa mudik lebaran tahun ini, inilah ujian kesabaran yang harus tetap di hadapi bahwa momentum ibadah shaum Ramadhan kali ini ada peluang pahala lebih dari bersabar tidak mudik, bagi masyarakat yang bisa mudik dengan cara dan alasan apapun itu patut di syukuri dan tetap harus menjaga protokol kesehatan, bukan hanya untuk kita tapi keamanan keluarga di kampung. Semoga tahun depan Corona hilang dari bumi Indonesia ini dan tradisi mudik bisa berjalan sebagaimana biasanya.

0 Komentar