Ade Fitrie Kirana Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Ade Fitrie Kirana
0 Komentar

Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk menambah kualitas keimanan terhadap Allah SWT. Di bulan ini, ada kewajiban berpuasa bagi umat Islam di penjuru dunia. Puasa, diyakini tak cuma mempertebal keimanan dan menjaga kualitas ibadah.

Menahan makan dan minum selama 12 jam selama puasa, diyakini juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ade Fitrie Kirana, selebritis yang juga pengusaha kecantikan, sudah menguji banyak manfaat puasa bagi metabolisme tubuh.

Karena itu, Ade Fitrie Kirana berkeinginan agar puasa tak dijadikan halangan dan hambatan untuk beraktifitas. Ia membagikan tips berpuasa lancar tak cuma demi mempertebal keimanan atas perintah Allah SWT, tapi juga memperbaiki metabolisme tubuh.

Baca Juga:Perkara SPPD Fiktif Masuk Tipikor, Pengacara Kumpulkan Bukti-buktiTips Bi Nina Tetap Bugar Selama Puasa

Pertama, minum air yang cukup, Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Saat berpuasa, tentunya tubuh rentan terkena dehidrasi. Pastikan tetap mengkonsumsi setidaknya 6-8 gelas air putih dari saat buka hingga sahur supaya kondisi badan tetap fit dan terhindar dari risiko dehidrasi.

Kedua, hindari makanan manis dan berminyak. Meskipun disarankan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa, kita harus tetap membatasi diri agar tidak mengonsumsi gula berlebihan. Hal ini karena gula mengandung kalori yang cukup tinggi dan makanan berminyak atau berlemak juga dapat menyebabkan asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari kedua jenis makanan tersebut terutama di bulan puasa baik saat sahur maupun berbuka.

Ketiga, tidur yang cukup. Bulan Ramadhan biasanya merubah waktu tidur kita, karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Namun, kita harus tetap memiliki waktu tidur yang cukup agar tetap segar dalam melakukan aktivitas seharian.

Kekurangan tidur akan mempengaruhi nafsu makan, kondisi badan, dan kinerja otak. Sebaiknya, tidur lebih awal di waktu malam agar bisa bangun lebih awal sebelum sahur sehingga kita tetap memiliki waktu tidur yang cukup.

Keempat, tetap melakukan aktivitas fisik. Menjalankan ibadah puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan berdiam diri. Melakukan aktivitas fisik tetap penting untuk menjaga proses metabolisme tubuh kita. Baiknya olahraga dilakukan menjelang waktu berbuka puasa.

0 Komentar