Seri Belajar Ringan Filsafat Pancasila ke 43

Seri Belajar Ringan Filsafat Pancasila ke 43
0 Komentar

Seperti Bendera Bintang Kejora, sebagai penanda untuk menunjukkan eksistensi identitas dan hasrat kepentingan politik berpisah-merdeka. Bendera Bintang Kejora sebagai penanda, bagi penguasa, dianggap separatis! Beda dengan Gus Dur yang melihat penanda itu, adalah ekspresi kultur. Bukan penanda manives politik.

IRIAN atau pun PAPUA adalah konsep tanda, jejak dan juga difference. Ia hadir sebagai sebuah penanda akan adanya hasrat dan kepentingan. Juga penanda Kolonialisme. Namun penanda tersebut menjadi pembeda dari pemilik atau objek penanda. Papua bagi rakyat Papua adalah simbol budaya yang berbeda dan membentuk anyaman, rantai, tenunan (textum) yang ingin diwujudkan dalam NKRI.

Pendekatan budaya yang memanusiakan rakyat Papua, bisa jadi senjata ampuh untuk meredam hasrat pisah. Pemenuhan hak-hak khusus kepada masyarakat Papua adalah pintu utama. Penghargaan terhadap kemanusiaan dan budaya rakyat Papua menjadi kunci dialog. Keadilan sosial dan ekonomi menjadi alat menyatukan hati rakyat Papua dengan NKRI.  Kami ingin masa depan Indonesia dengan Papua maju sejahtera dan damai di dalamnya. Dalam bingkai NKRI. Salam Kang Marbawi.

Laman:

1 2 3
0 Komentar